Gonore tetapi penis sudah tidak bengkak, apakah tanda sudah mau sembuh?

BF Info Penanya: BF, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau nanyaPenis saya sudah tidak membengkak namun nanah masih keluar tapi tidak kental lagi apakah itu tanda tanda bahwa penyakit Gonore saya sudah mau sembuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BF,

Gonorea adalah infeksi menular seksual yang disebabkan adanya infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae yang menimbulkan gejala utama penis keluar nanah. Selain kencing nanah juga bisa memicu gejala lain seperti:

  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Demam
  • Adanya peradangan terutama di bagian kepala penis terutama di ujung saluran uretra sehingga penyakit ini disebut juga uretritis gonore.

Penanganan penyakit gonorea sendiri perlu dilakukan oleh dokter atau dokter spesialis kulit dan kelamin, dimana perlu dilakukan pemeriksaan sampel duh tubuh atau nanah yang keluar. Apabila penyebabnya adalah penyakit gonore maka perlu diobati dengan tepat.

Sering kali orang mencari pengobatannya dari media daring, dan melakukan pengobatan sendiri. Hal ini tidak boleh dilakukan karena bisa terjadi resistensi obat, timbulnya efek samping dan juga penanganan yang tidak tuntas sehingga bisa menimbulkan lebih sulitnya pengobatan ataupun bisa menimbulkan komplikasi.

Apabila sudah dilakukan pengobatan pada dokter maka perlu hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh. Jika sudah tidak bengkak sudah ada perbaikan, apabila masih keluar nanah maka pengobatan belum tuntas dan belum benar-benar sembuh. Jadi ada baiknya melakukan kontrol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.