Bagaimana mengatasi gondongan disertai sakit perut?

D Info Penanya: D, Wanita, 24 Tahun
Selamat pagi dok. Saya mau tanya, sudah 4 hari sy gondongan hr pertama hnya nyeri di sekitar leher dn dibwh telingan stelah memasuki kedua nafsu makan sy hilang perut terasa mual perih dan demam smp 38derajat. Hr ketiga sy pergi ke dokter perut sy dicek tidak apa2 dan diberi obat, malam nya perut sy sakit sekali shingga tdk bisa tdr gondongan sy semakin membesar sampai sekarang. Cara mengobati atau menyembuhkannya gimana ya dok tolong kasih saran terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Gondongan adalah infeksi virus dari paramyxovirus yang menimbulkan gejala pembengkakan pada kelenjar parotis atau kelenjar yang ada di bagian bawah telinga. Gejalanya dapat disertai demam, sakit kepala, merasa lelah, nyeri pada leher, penurunan nafsu makan, nyeri perut ringan dan rasa nyeri saat mengunyah. 

Penyebab gondongan adalah:

Bisa terjadi infeksi apabila mengalami penularan dari orang yang terinfeksi misalnya akibat percikan ludah secara langsung atau dari benda yang terkontaminasi. Sebenarnya tidak ada penanganan khusus untuk infeksi gondongan dimana yang utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh, cukup istiahat, mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, bisa kurangi nyeri dengan mengonsumsi obat untuk gejala yang timbul, bisa kompres bagian yang bengkak dengan kompres dingin atau hangat.

Gondongan sendiri dapat menimbulkan gejala yang lebih berat atau komplikasi seperti ke organ pankreas, ovarium, radang selaput otak dan komplikasi lain jika tidak ditangani dengan baik. Jika timbul nyeri perut hebat bisa disebabkan oleh penyakit gondongan itu sendiri, gangguan pencernaan lain, atau efek samping obat yang di konsumsi. Untuk meredakannya bisa mengonsumsi antasida sebelum makan, mengonsumsi air hangat, mengonsumsi jahe dan juga menjaga pola makan agar makan teratur dan tidak mengonsumsi pantangan makanan agar membantu proses penyembuhan. Jika keluhan terasa makin hebat segera kembali periksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab demam pada anak umumnya adalah saat tubuh mereka terinfeksi virus atau bakteri

7 Penyakit yang Kerap Jadi Penyebab Demam pada Anak

Penyebab demam pada anak bisa akibat virus atau bakteri. Selama anak masih terlihat nyaman, tak perlu buru-buru ke rumah sakit.