Gondok di leher, bagaimana cara mengatasinya?

DH Info Penanya: DH
Apakah sakit gondok bisa hilang? Saya memiliki gondok yang cukup lama dan masalah di kelenjar tiroid saya tapi saya tidak melakukan pemeriksaan lanjutan. Kira-kira obat apa yang cocok untuk gondok dan masalah tiroid ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DH,

Gondongan berbeda dengan kelenjar tiroid dimana gondongan adalah infeksi pada saluran kelenjar liur atau parotis yang disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini menimbulkan gejala pembengkakan leher dibawah telinga, demam, sulit menelan dan gejala lain. Penyakit ini menular dan bisa sembuh sendiri tetapi perlu diwaspadai jika terjadi pada laki-laki karena bisa memicu timbulnya infeksi pada testis. Pengobatan sendiri hanya perlu mengatasi gejala yang timbul.

Kelenjar tiroid sendiri adalah kelenjar yang ada di leher bagian depan yang berfungsi mengatur produksi hormon tiroid yang diperlukan tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid sendiri bisa menimbulkan produksi berlebih hormon tiroid yang disebut hipertiroid ataupun tubuh kekurangan hormon tiroid yang disebut hipotiroid.

Pemeriksaan diperlukan untuk mencari tahu kelainan kelenjar tiroid apa yang terjadi seperti dengan pemeriksaan kadar hormon tiroid, USG dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Penanganan sendiri mulai dari pemberian obat, ataupun tindakan pengangkatan kelenjar tiroid. Karena jika dibiarkan bisa menimbulkan gejala yang menganggu mulai dari jantung berdebar, tangan bergetar atau tremor, penurunan berat badan, gangguan siklus menstruasi dan lainnya. Untuk itu baiknya diperiksakan ya pada dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan kondisi yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kelenjar tiroid bisa menjangkiti pria maupun wanita, tetapi penyakut kelenjar tiroid sering diderita oleh wanita

Para Wanita Harus Berhati-Hati dengan Penyakit Kelenjar Tiroid

Penyakit kelenjar tiroid perlu diwaspadai oleh kaum wanita. Dampaknya tidak hanya seputar menstruasi, tetapi juga berpengaruh terhadap kehamilan.