12 Jun 2021, 08:59Penyakit Lainnya

Golongan darah

AR
Info Penanya: AR0
Dok saya mau bertanya ayah saya bergolongan darah AB sedangkan ibu saya bergolongan darah B, saat saya donor darah diketahui golongan darah saya O. Apa ini bisa saja terjadi? Meskipun kemungkinan kecil. terimakasih dok
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerima kasih atas pertanyaan AndaGolongan darah tediri dari 4 jenis, yaitu golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB dan golongan darah O. Tes golongan darah akan dilakukan selain untuk mengetahui goolongan darah seseorang, biasanya dilakukan sebelum melakukan tidnakan donor darah, melahirkan, transplantasi organ, atau bahkan saat menjalani tindakan operasi.

Golongan darah orang tua B dan AB, apa saja kemungkinan golongan darah anak?

Golongan darah kedua orang tua dan anaknya biasanya akan menyesuaikan. Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, apabila ayah memiliki golongan darah AB, dan ibu B, maka kemungkinan anaknya memiliki golongan darah A, B, atau AB. Sehingga bila golongan darah Anda O sebaiknya melakukan tes darah ulang baik ibu, ayah dan juga Anda untuk lebih memastikan. Selain itu, untuk tahu apakah Anda akan kandung atau bukan, Anda juga bisa melakukan tes DNA.Tetap konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan tubuh Anda, tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku, konsumsi sayur dan buah-buahan, lakukan olahraga ringan dengan rutin agar tubuh tetap sehat. Lakukanlah konsutasi dan atau pemeriksaan ke dokter apabila Anda ada keluhan kesehatan.Semoga  bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
kesehatan anaktips kesehatangolongan darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil