21 Feb 2021, 09:26Penyakit Lainnya

Golongan darah o positif artinya apa?

RF
Info Penanya: RF0
Dok apa beda nya golongan darah o dengan o plus?terimakasih
5628 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Golongan darah O artinya pada darah Anda tidak terdapat adanya antigen A maupun antigen B, sehingga orang dengan golongan darah O dapat mendonorkan darahnya secara universal ke golongan darah lain. Adanya tanda positif atau negatif dari golongan darah merupakan rhesus dari pemilik golongan darah tersebut.
Rhesus sendiri ada 2 yaitu rhesus positif dan rhesus negatif. Rhesus negatif biasanya dimiliki oleh orang pada daerah barat seperti Amerika dan Eropa. Sedangkan rhesus orang indonesia umumnya positif. Rhesus positif artinya Anda memiliki faktor Rh dalam darah Anda. Jika Anda memiliki rhesus negatif, artinya dalam darah Anda tidak terdapat faktor Rh.
Mengetahui faktor rhesus Anda, penting sebelum kehamilan. Seorang ibu yang memiliki Rh negatif dengan anak pertama yang memiliki Rh positif akan menyebabkan ibu membentuk antibodi terhadap faktor Rh dari janin.Biasanya, jika ibu ini hamil kembali dengan anak kedua yang memiliki rhesus positif, janin kedua ini akan mengalami anemia hemolitik, yaitu penyakit kekurangan darah karena sel darah merah janin dihancurkan oleh antibodi ibu. Hal ini berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran pada bayi kedua tersebut. Namun, jika ibu memiliki rhesus positif dan hamil dengan janin rhesus positif pula, kehamilan tidak akan berbahaya.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
golongan darahsel darahrhesus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil