09 Feb 2021, 15:41Penyakit Lainnya

Apakah orangtua yang bergolongan darah O, dapat mempunyai anak golongan darah lain ?

PS
Info Penanya: PS0
Misi dok, mau tanya. Apa mungkin kalo kedua orang tua saya golongan darah o maka ada salah satu anak nya golongan darah lain?
733 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, P.Masalah golongan darah akan memicu pertanyaan jika kedua orangtua memliki golongan darah berbeda dengan sang anak. Hal ini akan membuat anak bertanya-tanya apakah anak merupakan anak kandung maupun anak angkat. Padahal tidak semua golongan darah orang tua harus sama dengan anak.

Apakah orangtua yang bergolongan darah O, dapat mempunyai anak golongan darah lain ?

Golongan darah pada manusia terdiri dari 4 jenis yaitu golongan darah A, B, AB dan O, dimana masing-masing golongan darah memiliki rhesus. Rhesus pada orang Indonesia umumnya rhesius positif.Jika kedua orang tua memiliki golongan darah O, maka semua anak akan mempunyai golongan darah O. Golongan darah diturunkan 50 % dari ayah, dan 50 % dari Ibu. Jadi jika salah satu anak mempunyai golongan darah yang berebda dari orangtua, hal ini dapat disebabkan oleh kesalahan saat pemeriksaan golongan darah baik pada kedua orangtua atau anak, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan ulang secara menyeluruh.Anda juga perlu melakukan skrining kesehatan secara teratur agar dapat mencegah penyakit sedini mungkin, sehingga tubuh selalu sehat. Tetap jaga imunitas dengan menerapkan hidup sehat, dan olahraga secara teratur.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
golongan darahrhesuspola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil