Genotif pada golongan darah

TR Info Penanya: TR, Pria, 1 Tahun
Golongan darah saya AB ,istri saya O dan anak saya O
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TR.

Golongan darah adalah cara untuk mengklasifikasikan darah berdasarkan antigen yang terkandung pada sel darah merah. Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan golongan darah. Yang paling sering digunakan adalah sistem rhesus yang dibagi menjadi rhesus positif dan negatif, dan sistem ABO yang dibagi menjadi A, B, AB, dan O.

Berikut genotif yang mungkin terkandung pada golongan darah masing-masing:

  • Golongan darah A mengandung gen IAIA atau IAIO
  • Golongan darah B mengandung gen IBIB atau IBIO
  • Golongan darah O mengandung gen IOIO
  • Golongan darah AB mengandung gen IAIB

Nantinya, saat terjadi pembuahan, masing-masing pihak (pria dan wanita) akan membawa masing-masing satu gen. Misalnya, pria bergolongan darah A (gen IAIO) akan menurunkan gen IA atau IO ke anaknya, dan wanita bergolongan darah B (gen IBIB) akan menurunkan gen IB ke anaknya. Oleh karena itu, anak kemungkinan memiliki golongan darah AB (gen IAIB) atau B (gen IBIO).

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter agar dilakukan pemeriksaan laboratorium. Dengan metode dan teknik pemeriksaan yang benar, golongan darah akan diketahui secara tepat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Coombs test dilakukan untuk deteksi anemia dan gangguan darah lainnya

Memahami Coombs Test, Pemeriksaan Antibodi untuk Deteksi Penyakit

Coombs test adalah tes antibodi dalam darah yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit seperti anemia hemolitik atau ketidakcocokan golongan darah antara janin dan ibu yang mengandungnya. Ada dua jenis coombs test yang bisa dilakukan, yaitu secara langsung dan tidak langsung.