golongan darah

JS Info Penanya: JS, Pria, 46 Tahun
mlm dok, saya seorang bapak sdh menikah 11 tahun dan di karuai 3 orang anak, yang menjadi permasalahan adalah saya gol. darah O dan Istri saya Gol. Darah AB, ttp anak2 saya semuanya gol. darah O yg saya tahu kalau Gol. O dan AB tidak mungkin anak2 gol. O, apakah mereka anak2 saya atau istri saya berselinkuh dgn orag lain? mohon penjelasannya dok, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JS,

Golongan darah memang dibedakan berdasarkan golongan darah A, B, AB, serta O dan Rhesus positif atau negatif. Dan golongan darah anak tentunya akan mewarisi setengah komponen darah ayah dan setengah komponen darah ibu. Sehingga bila didapatkan golongan darah ayah O dengan golongan darah ibu AB, maka kemungkinan golongan darah yang muncul pada anak adalah antara golongan darah A atau B.

Bila pada kasus Anda ditemukan ketiga anak memiliki golongan darah O semua, maka sebaiknya Anda dan keluarga melakukan pemeriksaan ulang golongan darah masing-masing anggota keluarga, jangan berburuk sangka dahulu. Bisa saja terjadi kesalahan pengecekan pada golongan darah Anda atau istri atau anak-anak Anda. 

Lakukan pemeriksaan ke laboratorium secara bersama-sama. Bila sampai hasilnya tetap sama, maka Anda bisa melakukan tes DNA untuk memastikan anak-anak Anda keturunan siapa.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah seseorang ditentukan dari gen orangtua mereka

Harus Tahu, Ini Cara Mengetahui Golongan Darah Anda

Cara mengetahui golongan darah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui ujung jari. Pengecekannya bisa melalui klinik ataupun rumah sakit.