Golongan darah O lebih rentan tertular corona, benarkah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, apa betul pemilik golongan darah O lebih rentan terkena virus corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Golongan darah adalah suatu komponen antigen pada sel darah yang dibedakan menjadi empat jenis, yaitu A, B, O, dan AB. Orang bisa memiliki golongan darah yang berbeda-beda.

Sedangkan virus corona adalah virus yang sedang menjadi pandemi karena menyebabkan masalah pernapasan di negara-negara dunia. Penyakit yang ditimbulkan oleh virus corona jenis baru ini disebut Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19.

Terkait pertanyaan Anda, sebuah studi di Wuhan, Cina, mengungkapkan bahwa 63% kasus COVID-19 yang mematikan adalah pada orang-orang bergolongan darah A. Studi tersebut juga menyebutkan, bahwa orang-orang dengan golongan darah A 30% lebih mungkin terinfeksi, dan golongan darah O 20% tidak terinfeksi. Namun, alasan kenapa seperti itu (apakah kebetulan atau ada keterkaitan) sampai saat ini belum dapat dipastikan dan masih diteliti oleh para ilmuwan.

Terlepas dari apapun golongan darahnya, semua orang memiliki risiko untuk terkena COVID-19. Jadi, mari sama-sama menerapkan pola hidup sehat agar bisa mencegah penyakit. Mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidur teratur, dan rutin berolahraga, serta menghindari stres, agar kesehatan dan kekebalan tubuh selalu berada di kondisi optimal. Jangan lupa mencuci tangan setelah memegang benda-benda publik dan sebelum makan ya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pangeran Charles positif terinfeksi corona dan saat ini diisolasi secara mandiri di rumah

Pangeran Charles Positif Corona, Kerajaan: Kondisi Baik dan Sedang Isolasi Mandiri

Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris dinyatakan positif corona. Saat ini, ia disebut dalam kondisi baik dan tidak menjalani perawatan di rumah sakit. Selama masa penyembuhan, Pangeran Charles akan menjalani isolasi mandiri di rumahnya.