12 Jun 2021, 20:58Penyakit Lainnya

Mengapa orangtua golongan darah O, memiliki anak golongan darah B ?

RR
Info Penanya: RR0
Dok saya mau nanya, kedua orang tua saya memiliki golongan darah O, dan adik saya juga memiliki golongan darah O, tapi saya memiliki golongan darah O, dan kemarin kedua orang tua saya donor darah untuk saudara mama saya kebetulan sama memiliki darah O Saya kebetulan mau donor juga tapi sebelum belum tau kalo darah saya B, dan kebetulan disitu ada orang butuh darah B dan menjadi pendonor Dan cocok dengan darah orang yang saya donori darah, bisa begitukah dok darah anak tidak sama dgn ortunya?
393 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Setiap orang mempunyai golongan darah yang berbeda. Untuk mengetahui jenis golongan darah Anda, Anda dapat melakukan pemeriksaan di klinik atau saat akan mendonorkan darah. Tidak hanya golongan darah tetapi rhesus juga harus diketahui terutama saat Anda akan menikah, berencana mempunyai anak, mendonorkan darah atau menjadi penerima donor darah. 

Apakah orangtua bergolongan darah O bisa memiliki anak bergolongan darah B ?

Kedua orangtua Anda yang bergolongan darah O akan memiliki anak bergolongan darah O juga dan tidak mungkin memiliki golongan darah yang berbeda. Namun jika hanya salah satu orangtua yang memiliki golongan darah O, maka kemungkinan golongan darah anak antara lain :
  • Orangtua golongan darah O dan A, maka golongan darah anak O atau A.
  • Orangtua golongan darah O dan B, maka golongan darah anak O atau B.
  • Orangtua golongan darah O dan AB, maka golongan darah anak A atau B.
Anda tidak perlu merasa cemas, sedih atau marah. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ulang golongan darah terlebih dahulu, baik Anda dan kedua orangtua. Konsultasi ke dokter jika hasil masih tetap sama dan tanyakan dengan baik kepada kedua orangtua.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
golongan darahrhesusperedaran darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil