Golongan darah anak berbeda dengan orangtua

VG Info Penanya: VG, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, jika seseorang anak mempunyai golongan darah berbeda dengan kedua orang tuanya dan saudaranya apa dia bukan anak dari orang tua itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, VG

Terimakasih atas pertanyaannya.

Golongan darah berasal dari genetik kedua orangtuanya. Sehingga tidak mungkin golongan darahnya tidak sama dengan orangtuanya. Saat menurunkan genetik, ayah dan ibu saling berkontribusi memberi ciri genetik mereka kepada anaknya. Termasuk informasi genetik golongan darah kedua orangtuanya. Golongan darah yang dihasilkan tergantung lebih kuat ciri genetik ayah atau ibunya. Misalnya ibu B dan ayah A maka anaknya akan bergolongan darah A, B, atau AB. Kemudian contoh lainnya jika ibu O dan ayah B maka anaknya bisa bergolongan darah B atau O.

Untuk pemeriksaan lebih detail bisa dengan tes DNA yang bisa dilakukan di rumah. Yang dibutuhkan hanya sampel air liur dari orang tua dan anaknya. Semoga informasi dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih tempat duduk yang strategis dapat dijadikan tips membawa bayi saat nonton bioskop

5 Tips Untuk Membawa Bayi Nonton Bioskop

Membawa bayi ikut nonton bioskop memang harus menyiapkan beberapa hal agar bayi tetap nyaman. Terdapat beberapa tips membawa bayi nonton bioskop, salah satunya adalah memilih film yang tidak mengagetkan bayi.