Apakah penyebab orang tua bergolongan darah O memiliki anak golongan darah B?

SU Info Penanya: SU, Pria, 20 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, kedua orang tua sama sama bergolongan darah O. Si anak pertama juga bergolongan darah O, namun untuk si anak kedua bergolongan darah B. Yg ingin saya tanyakan, Bagaimana mungkin bs terjadi perbedaan pada si anak kedua? yang saya tahu jika golongan darah ayah dan ibunya O maka sudah pasti anaknya O juga. Benar kan dok?? ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

 

Golongan darah setiap orang berbeda-beda dan ditentukan oleh genetik dari orang tuanya. Mengetahui golongan darah itu penting untuk terkait dengan beberapa hal. 

Kepentingan mengetahui golongan darah adalah sebagai berikut:

  1. Transfusi darah.
  2. Menjalani operasi.
  3. Ingin transplantasi organ.
  4. Bayi yang baru lahir.
  5. Ibu yang sedang hamil.
  6. Kondisi medis tertentu misalnya sedang menderita sakit.

Selain hal diatas menentukan golongan darah juga kerap digunakan sebagai penentu ayah biologis dari sang anak, dimana seharusnya dilakukan pemeriksaan DNA untuk mengetahui ayah biologis namun karena harganya yang tidak murah sehingga banyak yang menggunakan golongan darah saja.

Terkait dengan pertanyaan Anda memang seharusnya kedua orang tua yang bergolongan darah O kemudian melahirkan anak dengan golongan darah O. Untuk masalah yang Anda tanyakan anak yang memiliki golongan darah B dari kedua orang tua yang O kemungkinan ada kesalahan saat pemeriksaan atau memang bukan ayah biologis yang sebenarnya, namun hal ini perlu dipastikan kembali. Sebaiknya lakukan saja tes DNA untuk benar-benar memastikannya ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi darah dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu proteksi, regulasi, dan transportasi

Memahami Fungsi Darah dan Penyakit yang Kerap Menyerang

Tak diragukan lagi, darah menjalankan fungsi yang amat penting untuk keberlangsungan hidup. Fungsi darah tersebut termasuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke sel hingga melawan penyakit.