Glaukoma apakah bisa sembuh?

SW Info Penanya: SW, Wanita
Apa itu glukoma dan apakah bisa sembuh,,,??Mata kanan saya cuma bisa melihat di bagian atas saja dan bagian bawah tidak,,sudah berobat ke rumah sakit,dan terapi juga tapi tidak lekas sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, SW

Glaukoma adalah suatu kerusakan pada indra penglihatan karena terjadi kerusakan pada saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata secara terus menerus. Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbanyak di dunia setelah katarak  dan glaukoma tidak dapat disembuhkan. Berbeda dengan katarak yang masih bisa di sembuhkan. Gejala glaukoma hampir sama dengan gejala katarak.

Gejala glaukoma yaitu:

  • Pandangan atau penglihatan kabur sampai tidak dapat melihat
  • Perbedaan kedua pupil mata
  • Sering tampak banyangan pelangi
  • Infeksi
  • Cidera atau benturan pada bola mata
  • Peradangan bola mata

Jadi, seperti yang saya jelaskan, bahwa glaukoma tidak dapat diobati tetapi dapat dicegah agar tidak sampai parah dan mengganggu penglihatan. Sebaiknya Anda kontrol terus ke spesialis mata agar mata yang sehatnya juga diperiksa dan di obati juga agar tidak terjadi kerusakan kedua bola mata.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Anugerah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri khas katarak sama di berbagai usia, yakni titik putih atau abu pada bagian pupil mata. Namun, terdapat perbedaan penyebab katarak pada lansia dan anak-anak

Katarak Tidak Mengenal Usia, Kenali Penyebab Katarak

Katarak tidak hanya bisa menimpa lansia, tetapi juga anak-anak! Salah satunya adalah anak dari artis Asri Welas. Meskipun gejala yang ditimbulkan sama, tetapi penyebab katarak pada anak dan kaum lansia berbeda.