17 Dec 2020, 07:23Gigi & Mulut

Apakah gigi permanen tetap tumbuh ketika gigi susu baru copot?

GF
Info Penanya: GF0
Dok ,umur saya 20 tahun dan gigi taring susu saya baru copot, apakah masih ada harapan untuk tumbuh bagi gigi permanen saya Dok di usia saya yg 20 tahun?
181 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, GFTerima kasih atas pertanyaannya.Pertumbuhan gigi akan dimulai pada bayi mulai usia 6 bulan yang dimulai dengan gigi susu.  Gigi susu akan tumbuh lengkap hingga umur 3 tahun.  Setelah itu, gigi susu mulai 6 tahun hingga usia 12 tahun akan tanggal secara bertahap dan akan digantikan dengan gigi permanen.  Namun, pada beberapa orang ada gigi susu yang tertinggal dan belum tanggal hingga usia dewasa. 

Penyebab gigi susu menetap hingga dewasa :

  • Gigi permanen yang tertunda
    Ketika pertumbuhan gigi permanen tertunda akan menyebabkan gigi susu menyatu dengan rahang.
  • Adanya penghalang yang menyebabkan gigi permanen tidak tumbuh.
  • Adanya kelainan pada pertumbuhan gigi permanen.
Terkait yang anda tanyakan, apabila setelah gigi susu tanggal dan ada gigi permanen dibawahnya, maka kemungkinan masih bisa tumbuh kembali.  Tetapi jika dibawah gigi susu yang tanggal tidak terdapat gigi permanen maka tidak ada gigi pengganti dan membuat gigi ompong.

Solusi yang dilakukan jika gigi permanen tidak tumbuh :

  • Pemasangan gigi palsu
    Untuk menutupi kondisi ompong maka perlu diberi gigi palsu guna memperbaiki penampilan. Selain itu, dengan memberi gigi palsu berguna agar fungsi mengunyah tidak terganggu serta mencegah adanya gangguan pada rahang.
  • Ketika ada gigi permanen dibawah gigi susu yang tanggal namun terpendam akan dilakukan tindakan seperti operasi dan pemasangan kawat gigi jika diperlukan
Oleh karena itu, sebaiknya periksa ke dokter gigi guna mengetahui kondisi gigi secara langsung sehingga doktet gigi dapat memberikan penjelasan pilihan yang terbaik untuk gigi anda.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kesehatan gigigigi palsukawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil