Apa penyebab ginjal bocor?

M Info Penanya: M, Wanita, 20 Tahun
Permisi dok, mau tanya! Klo penyebab ginjal bocor apa ya? Dari makanan kan atau apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Ginjal bocor adalah istilah yang terkenal pada masyarakat awam yang menggambarkan bahwa ginjal mengeluarkan banyak protein dan albumin lewat urin.  Kondisi ini terjadi karena rusaknya pembuluh darah kecil pada ginjal sehingga ginjal tidak dapat menyaring darah dengan baik. 

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan ginjal bocor, yaitu: 

Penyakit ginjal bocor ini bisa juga diakibatkan dari gaya hidup yang tidak baik seperti mengkonsumsi makanan yang manis sehingga menyebabkan diabetes, sering minum minuman yang berkafein (teh, kopi) dan jarang minum air putih, kebiasaan merokok dan minum alkohol, dan jarang berolahraga. Untuk itu, alangkah baiknya jika mulai sejak dini, Anda melakukan pola hidup yang sehat agar tidak terkena penyakit ginjal bocor. Gejala yang sering ditemui dari penyakit ginjal bocor, yaitu urin yang keluar berbusa atau berbuih, bengkak di daerah tungkai atau tubuh, mudah lelah, mual dan muntah, sering BAK, sesak napas, sulit tidur, dan kulit menjadi gatal serta kering. 

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diterapi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit ginjal bisa dari makanan, seperti makanan berproses dan minuman bersoda.

Jaga Pola Makan dan Hindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal!

Pola makan berpengaruh terhadap sakit gagal ginjal kronis. Beberapa makanan penyebab sakit ginjal, seperti makanan tinggi garam, minuman bersoda, hingga makanan kaya gula.