Bagaimana cara menghilangkan bekas yang menghitam?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 16 Tahun
Selamat pagi dokter,Saya sudah lama digigit kutu kucing dan mengakibatkan bentol yang sangat gatal, dan bekasnya akan menghitam, saya jadi tidak pede dengan bekas gigitannya karena sebagian besar bekas gigitan ada dikaki.Jadi, obat untuk menghilangkan bentol dan rasa gatalnya apa ya dok? Dan juga obat untuk menghilangkan bekas-bekas yang menghitam apa ya?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terbentuknya koreng atau kulit yang menghitam di kulit sebenarnya merupakan proses normal ketika luka berangsur pulih. Dibalik koreng tersebut, akan terbentuk jaringan kulit yang baru. Koreng atau kulit yang menghitam memang dapat menimbulkan rasa gatal. Namun Anda tidak di sarankan untuk menggaruk atau mengelupas koreng karena dapat menggangu proses penyembuhan luka dan berisiko menyebabkan infeksi pada luka, yang menyebabkan koreng berbekas.

Cara menghilangkan koreng yang berbekas :

  1. Hilangkan bekas luka dengan jeruk nipis atau lemon
    Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat bekas luka di kaki menghitam. Oleskan belahan buah jeruk dikulit, kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih, lakukan sehari 2x
  2. Menghilangkan bekas luka dengan putih telur
    Putih telur kaya akan protein dan sumber mikronutrein, kandungan ini dapat membantu menghilangkan bekas luka dengan cepat.
  3. Menghilangkan bekas luka dengan mentimun
    Kandungan mineral dan vitamin dapat membantu menghilangkan bekas luka. Caranya tempelkan timun yang sudah di iris tipis-tipis ke area bekas luka kemudian diamkan selama 30 menit.
  4. Krim penghilang bekas luka
    Bleaching cream berfungsi untuk memudarkan bekas luka yang menggelap sedangkan tanning cream berfungsi untuk mencerahkan kulit. Penggunaan 2 cream ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter dan tidak boleh digunakan secara sembarangan.
  5. Terapi laser
    Dapat mengurai endapan pigmen pada bekas luka tanpa menghilangkan lapisan kulit.

Cara-cara diatas bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan bekas menghitam yang Anda alami. Namun berbeda jenis kulit dan jenis koreng berbeda juga cara mengatasinya. Oleh karena itu, konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk mengetahui cara paling efektif untuk dan aman untuk menghilangkan bekas luka Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sejumlah kandungan pada minyak almond, termasuk vitamin E, berguna bagi kesehatan kulit.

Sudah Coba Essential Oil Ini, yang Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan?

Essential oil atau minyak atsiri, ternyata memiliki manfaat untuk membuat kulit sehat. Bahkan, essential oil pun kini menjadi alternatif pengobatan klinis. Selain harganya terjangkau, ada bahan essential oil yang mudah Anda dapatkan.