logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo

Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan bekas yang menghitam?

13 Mar 2020, 07:23

AP

Info Penanya: AP, Wanita, 16 Tahun

Selamat pagi dokter, Saya sudah lama digigit kutu kucing dan mengakibatkan bentol yang sangat gatal, dan bekasnya akan menghitam, saya jadi tidak pede dengan bekas gigitannya karena sebagian besar bekas gigitan ada dikaki. Jadi, obat untuk menghilangkan bentol dan rasa gatalnya apa ya dok? Dan juga obat untuk menghilangkan bekas-bekas yang menghitam apa ya? Terimakasih

Dilihat 248517

6 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Aisyah Nur Ramadhani

(124)

Selamat siang AP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terbentuknya koreng atau kulit yang menghitam di kulit sebenarnya merupakan proses normal ketika luka berangsur pulih. Dibalik koreng tersebut, akan terbentuk jaringan kulit yang baru. Koreng atau kulit yang menghitam memang dapat menimbulkan rasa gatal. Namun Anda tidak di sarankan untuk menggaruk atau mengelupas koreng karena dapat menggangu proses penyembuhan luka dan berisiko menyebabkan infeksi pada luka, yang menyebabkan koreng berbekas.

Cara menghilangkan koreng yang berbekas :

  1. Hilangkan bekas luka dengan jeruk nipis atau lemon
    Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat bekas luka di kaki menghitam. Oleskan belahan buah jeruk dikulit, kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih, lakukan sehari 2x
  2. Menghilangkan bekas luka dengan putih telur
    Putih telur kaya akan protein dan sumber mikronutrein, kandungan ini dapat membantu menghilangkan bekas luka dengan cepat.
  3. Menghilangkan bekas luka dengan mentimun
    Kandungan mineral dan vitamin dapat membantu menghilangkan bekas luka. Caranya tempelkan timun yang sudah di iris tipis-tipis ke area bekas luka kemudian diamkan selama 30 menit.
  4. Krim penghilang bekas luka
    Bleaching cream berfungsi untuk memudarkan bekas luka yang menggelap sedangkan tanning cream berfungsi untuk mencerahkan kulit. Penggunaan 2 cream ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter dan tidak boleh digunakan secara sembarangan.
  5. Terapi laser
    Dapat mengurai endapan pigmen pada bekas luka tanpa menghilangkan lapisan kulit.

Cara-cara diatas bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan bekas menghitam yang Anda alami. Namun berbeda jenis kulit dan jenis koreng berbeda juga cara mengatasinya. Oleh karena itu, konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk mengetahui cara paling efektif untuk dan aman untuk menghilangkan bekas luka Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

perawatan kulitpencerah kulitmasalah kulit

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Dikomentari oleh

PC

21 Mei 2020, 20:50:23

Selamat malam dok,jadi gini saya memiliki bekas luka yang menghitam akibat di gigit nyamuk dok,dan kulit saya juga sangat sensitif dok, sebentar digigit nyamuk akan sangat gatal dan langsung merah besar dok,bagaimana cara menghilangkan bekas hitamnya dok bagi kulit yang sensitif.terima kasih

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Vina Liliana

22 Mei 2020, 11:43:08

Selamat siang PC, Cara alami yang bisa dilakukan adalah menggunakan jeruk lemon atau lidah buaya yang dioleskan secara rutin, setiap pagi dan sore setiap hari. Oleskan dan tunggu 30 menit atau sampai kering barus dibilas dengan air. Dan gunakan sunblock untuk menghindari paparan sinar matahari agar kulit tidak semakin menghitam. Salam sehat, dr. Vina

Dikomentari oleh

AA

23 Mei 2020, 15:07:16

Selamat sore dok, jadi gini saya memiliki panu dan saya mengobatinya dengan obat cap 19 setelah pemakaian panu menghilang tetapi menjadi hitam, bagaimana cara menghilangkan bekas hitamnya dok. Terima Kasih

SehatQ Logo

Dijawab oleh

Sylvia V

24 Mei 2020, 07:23:45

4. Selamat pagi AA, Anda bisa mencoba menggunakan obat alami untuk memudarkan bekas hitam, misalnya madu, lidah buaya, minyak kelapa, atau air lemon. Jika tak kunjung pudar, bisa juga berkonsultasi ke spesialis kulit ya untuk tindakan seperti laser. Terima kasih.

Dikomentari oleh

LT

22 Jun 2020, 20:55:52

Selamat malam dok. Saya mengalami bekas luka (korengan) yang sudah lama sekali, itu karena saya pernah mengalami campak dan sebagian itu dari gigitan nyamuk. Apakah bisa cara di atas untuk menghilangkan atau memudarkan bekas luka itu dok?

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Ester Agustina

23 Jun 2020, 11:22:01

Hi, LT. Cara diatas dianggap mampu menghilangkan bekas luka asal Anda melakukannya secara rutin. Namun, jika tidak ada perubahan sama sekali, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit agar diberikan salep racikan untuk menghilangkan bekas luka. Salam sehat.

Dikomentari oleh

SU

23 Jul 2020, 07:51:42

Selamat pagi dok. Saya ingin nanya dok jadi saya punya bekas luka yang menghitam akibat saya menggoreng pempek trus pempek nya meledak dok. Akibatnya kedua tangan saya kenak dan sampai sekarang bekas nya masih ada dan menghitam .jadi gimana dok cara menghilangkannya dok saya nggak pede kalau ketemu orangorang dok :( terima kasih dok:)

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Dwiana Ardianti

24 Jul 2020, 07:07:15

Selamat pagi, SU Keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh adanya hiperpigmentasi kulit,hiperpigmentasi pasca inflamasi, atau karena kondisi jenis kulit yang lainnya. Untuk dapat membantu menyamarkannya, bisa mengonsumsi makanan sehat bergizi, gunakan lotion / pelembab, perbanyak sayur dan buah, gunakan scrub seminggu 1-2 kali untuk membantu proses eksofoliasi sel-sel kulit mati, serta kunjungilah dokter kulit untuk diberikan pengobatan. Terima kasih.

Dikomentari oleh

MI

24 Sep 2020, 08:08:21

Selamat pagi dok,saya mau tanya kalo nglangin bekas luka yg menghitam pake apa ya dok, terimakasih

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Vina Liliana

25 Sep 2020, 14:42:14

Selamat siang MI, Bisa pakai baking soda yang sudah dicampur dengan air jeruk lemon atau gunakan masker lidah buaya secara teratur untuk memudarkan warna gelapnya. Salam sehat, dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved