Mengatasi gigi berlubang dan karang gigi

H Info Penanya: H
Maaf dok kalo mengatasi Gigi berlubang dan karang bolong gimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gigi berlubang dan karang gigi adalah permasalahan gigi yang kerap kali dijumpai. Keduanya dapat berdampingan dan dapat menimbulkan komplikasi jika tidak dirawat dan ditangani. Salah satu komplikasi tersebut adalah infeksi. 

Pada dasarnya gigi berlubang terjadi saat adanya makanan sisa yang tertinggal pada gig dan menyebabkan gigi membusuk. Sedangkan karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak gigi yang mengeras. Sedangkan plak gigi adalah lapisan yang menempel di permukaan gigi dan dapat pula mengikis permukaan gigi jika tidak segera dibersihkan. 

Plak gigi sendiri dipenuhi oleh bakteri dan ketika adanya asupan makanan, khususnya yang mengandung gula, bakteri pada plak gig dapat mengolah gula menjadi asam. Hal ini lah yang dapat menimbulkan berbagai gangguan. Ini lah pentingnya menyikat gigi secara teratur, untuk membersihkan plak gigi guna mencegah terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang.

Terkait dengan pertanyaan Anda, penanganan untuk pembersihan karang gigi dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan metode scaling.

Sedangkan cara alami yang dapat dilakukan untuk mencegah perburukannya adalah mencegah plak gigi mengeras dan menjadi karang gigi.

Cara alami yang dapat dilakukan diantanya adalah :

  • menggunakan benang gigi
  • sikat gigi minimal dua kali sehari
  • menyikat gigi menggunkan baking soda
  • berkumur dengan virgin coconut oil

Untuk gigi berlubang sendiri, pada kerusakan tahap awal, dokter gig mungkin akan menyarankan penggunaan gel flouride, varnish atau pasta gigi khusus pada area tersebut. Namun, apabila gigi berlubang sudah menembus lapisan tertentu mungkin dokter akan menyarankan prosedur penambalan atau perawatakn saluran akar, namun, apabila sudah tidak dapat dipertahakan, maka dokter akan menyarankan prosedur pencabutan.

Untuk memastikan sebaiknya Anda memeriksakan keadaaan gigi Anda ke dokter gigi terdekat agar dapat ditangani segera,

Sementara Anda dapat berkumur dengan air garam atau air yang diberi baking soda, serta mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas bergolongan asetaminofen apabila terasa nyeri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flossing setiap hari bermanfaat membersihkan kotoran dari gigi dan mencegah karang

Perlukah Melakukan Flossing untuk Kesehatan Gigi?

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi tak kalah pentingnya dengan menyikat gigi. Flossing merupakan salah satu pencegahan terhadap penyakit gigi dan gusi karena mampu membersihkan plak dan sisi makanan yang menempel di gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.