Mengapa gigi berlubang dan apa yang harus dilakukan?

SD Info Penanya: SD, Wanita, 1 Tahun
Selmt malam dokter . Saya mau tanya Nama saya Sinta ,umur saya 18 tahun . Saya seorg mahasiswa . Sy punya keluhan dibagian gigi . Diumur saya yang skrg gigi depan saya sdh bnyk yang rapuh, dan berlubang,saya pernah 6bulan yang lalu saya ke ahli gigi ,gigi depan saya ditambal ,Saya trauma rasa sakit Borr yang amat sakit dibuat membersihkan gigi saya dok ,apakah saat diborr ada obat untuk tidak merasakan rasa Sakit itu dokk ? Makasih sarannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SD

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gigi berlubang merupakan suatu kondisi dimana terdapat gigi yang berlubang karena adanya sisa makanan yang menyangkut pada gigi dan memicu asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut dan dapat menyebabkan timbunya plak pada gigi berlubang.

Adapun tanda dan gejala dari gigi berlubang adalah:

  • Gigi terasa nyeri
  • Gigi tampak berlubang
  • Gigi sensitif
  • Terdapat bercak hitam atau abu-abu pada gigi
  • Bau mulut

Penyebab dari gigi berlubang ini berasal dari makanan sisa, bakteri, zat asam yang kemudian menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan serta tatalaksana yang sesuai. Sedangkan untuk tindakan pengeboran atau pun perawatan gigi lainnya nanti yang akan dilakukan oleh dokter gigi, tergantung dari hasil pemeriksaan, diagnosa, serta kondisi gigi Anda. Sehingga pastikan Anda mengunjungi dokter gigi, bukan tukang gigi. 

Usahakan tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang disebabkan karena sisa makanan dan minuman yang menumpuk dan menempel pada gigi

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Hindari

Gigi berlubang adalah rusaknya lapisan gigi yang disebabkan oleh plak yang merupakan gabungan dari bakteri, air liur, asam, dan sisa makanan. Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh sisa makanan dan minuman yang menumpuk dan menempel di permukaan gigi. Faktor lain yang dapat menyebabkan hal ini adalah susunan gigi, cara menyikat gigi yang salah, dan mulut kering.