Gigi yang sudah dicabut bisa tumbuh lagi atau tidak dan apa pengaruhnya ke otak?

RI Info Penanya: RI
Dokter saya ingin tanya umur saya masih 15 tahun,saya punya gigi berlubang dan sudah sedikit parah apakah jika dicabut bisa tumbuh lagi dan kata guru saya cabut gigi bisa berpengaruh pada otak apakah benar. mohon dijawab 2 pertanyaan saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R

Pada umur 15 tahun, semua gigi umumnya sudah merupakan gigi permanen, sehingga apabila dicabut, tidak akan tumbuh kembali. Namun, pada beberapa kasus, bisa juga gigi susu yang seharusnya sudah lepas, masih bertahan, sehingga, apabila dicabut, masih bisa digantikan gigi permanen.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengunjungi dokter gigi, agar dilakukan pemeriksaan secara langsung di klinik serta pemeriksaan foto rontgen, untuk mengetahui jika masih terdapat benih gigi permanen yang belum tumbuh.

Baik pada gigi susu maupun gigi permanen, apabila sudah berlubang cukup parah, memang pencabutan bisa menjadi pilihan perawatan terakhir apabila perawatan lain seperti penambalan dan perawatan saluran akar sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Perlu diketahui, bahwa pencabutan gigi tidak berpengaruh pada otak. Efek dari pencabutan, umumnya hanya akan berdampak secara lokal pada area rongga mulut, seperti rasa nyeri atau terkadang pembengkakan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk cabut gigi karena tidak ada pengaruhnya terhadap gangguan di otak.

Lebih baik, Anda segera mengunjungi dokter gigi untuk mengetahui perawatan yang paling tepat untuk kondisi gigi Anda.

Semoga membantu,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang bisa dialami semua orang.

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Hindari

Setiap orang memiliki risiko memiliki gigi berlubang. Ketahui beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko sakit gigi di sini