Gigi yang kurang rata, bagaimana penanganan nya?

RA Info Penanya: RA, Pria
Dok ,mau bertanya saya mau konsultasi mengenai gigi saya yang kurang rata ...seperti halnya taring gigi saya yg lumayan panjang...nah apakah bisa disamaratakan dok..??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RA. 

Terimakasih telah bertanya di SehatQ. 

Gigi tidak rata, dapat disebabkan oleh banyak faktor, bisa dari genetik, trauma, kebiasaan buruk rongga mulut (contoh: saat kecil suka menghisap jari, saat kecil sering ngedot) dan lain lain. 

Gigi tidak rata biasanya disebabkan oleh karena

  • Malposisi, yaitu posisi gigi yang tidak pada tempatnya, contoh gigi taring yang berpindah tempat dengan gigi premolar. 
  • Malrelasi, hubungan rahang atas dan rahang bawah yang tidak normal 
  • Maloklusi yaitu gigitan pada rahang atas dan bawah yang tidak seimbang contohnya, gigitan yang lebih maju pada rahang bawah. 

Salah satu cara untuk menangani gigi tidak rata adalah dengan orthodonti atau penggunaan kawat gigi. Namun hal tersebut tergantung dari penyebabnya. Ada baiknya Anda lakukan Konsultasi lebih lanjut ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab pasti gigi tidak rata. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda. 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat. 

dr. Sandy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peningkatan plak gigi merupakan gangguan gigi akibat mulut kering

Mulut Terasa Kering? Waspadai Penyebab dan Akibatnya!

Mulut terasa kering biasanya disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, narkotika, dan alkohol. Kadang-kadang, mulut kering menimbulkan luka dalam mulut dan mulut berbau tak sedap. Namun, mulut kering juga dapat mengindikasikan gangguan gigi yang serius, seperti peningkatan plak gigi dan kerusakan gigi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunyah permen karet untuk menstimulasi produksi air liur dalam mulut Anda.