Gigi yang hancur dan berlubang, bagaimana mengobatinya?

CK Info Penanya: CK
Hallo dok,mau nanya gigi graham saya hancur 1 dok mungkin gara berlubang dan hilang sendiri , kadang saat sikat gigi atau buang air ludah suka berdarah dok,apakah itu berbahaya,dan bagaimana cara mengobatinya?mohon penjelasannya dok,terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CK,

Gigi berlubang adalah kondisi kerusakan gigi akibat kebersihan gigi yang tidak terjaga baik. Kondisi ini bisa memicu lubang yang awalnya kecil sampai lubang yang sangat besar sampai bisa menyisakan akar giginya saja.

Kondisi lubang ini apabila terjadi infeksi lebih dalam bisa menimbulkan penyakit gusi ataupun masalah di saluran akar gigi. Untuk itu perlu pemeriksaan oleh dokter gigi. 

Apabila kerusakan gigi sudah besa dan tinggal menyisakan akar gigi, nantinya perlu dilakukan penanganan dengan pencabutan gigi dan di pasangkan gigi palsu setelahnya. Apabila ada infeksi, sebelum dilakukan tindakan akan dilakukan pengobatan dulu untuk mengatasinya infeksinya. Apabila ada karang gigi yang mengakibatkan gusi berdarah juga bisa dilakukan pembersihan karang gigi.

Sikat gigi dengan teratur minimal 2 kali sehari, kumur dengan obat kumur dan batasi konsumsi makanan dan minuman manis untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Lakukan juga pemeriksaan pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sakit gigi ada yang alami maupun dengan obat

Pilihan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Permanen

Ada banyak cara mengobati sakit gigi mulai dari yang alami hingga dengan obat. Berkumur air garam, kompres dingin, hingga minum obat pereda nyeri bisa jadi solusi sementara untuk meredakan sakit gigi, sebelum perawatan bisa dilakukan oleh dokter.