18 Apr 2019, 01:41Penyakit Lainnya

Gigi ujung bawah terasa nyeri. Apa penyebabnya ?

AR
Info Penanya: AR, Pria, 19 Tahun
Assalamu'alaikum, Dokter saya mau bertanya gigi bawah paling ujung saya sering sekali terasa nyeri meringis namun sakit ini terasa hanya saat sore sampai malam hari , sehingga saya sulit sekali untuk tidur , solusinya apa ya dok? Padahal saya rutin menyikat gigi sebelum dan sesudah tidur . Mohon sarannya dok
35682 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat pagi, Ibu A.
Sakit pada gigi gigi bawah paling ujung dapat disebabkan oleh beberapa hal, tergantung dari gigi mana yang menjadi sumber munculnya rasa sakit. Sehingga, solusi yang dilakukan juga dapat berbeda tergantung dari penyebab sakit gigi tersebut.
Berikut ini kemungkinan penyebab sakit gigi bawah paling ujung serta pilihan solusinya:
1. Perikoronitis
Apabila gigi yang dimaksud adalah gigi geraham bungsu, maka penyebab sakit gigi yang ibu alami bisa jadi adalah suatu kondisi yang dinamakan perikoronitis.
Perikoronitis adalah suatu kondisi peradangan pada jaringan gusi yang berada di sekitar gigi geraham bungsu yang tumbuh dengan posisi miring. Peradangan tersebut disebabkan oleh penumpukan bakteri yang apabila tidak segera diatasi, dapat menimbulkan bengkak hingga nanah.
Untuk mengatasinya, ibu dapat melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Dokter akan memberikan resep obat seperti antibiotik, anti nyeri, dan anti peradangan untuk mengatasi peradangan jaringan gigi serta membantu meredakan sakit gigi yang ibu rasakan.
Setelah peradangan mereda, dokter gigi umumnya akan menyarankan ibu untuk mencabut gigi geraham bungsu yang tumbuh miring tersebut agar tidak kembali menjadi sumber rasa sakit di kemudian hari.
2. Pulpitis
Apabila gigi bawah paling ujung yang Ibu maksud adalah gigi geraham yang lain atau geraham bungsu yang tumbuh lurus namun berlubang, maka penyebab sakit gigi yang ibu rasakan bisa jadi adalah suatu kondisi yang dinamakan pulpitis.
Pulpitis adalah kondisi peradangan pada saraf gigi (pulpa). Pulpitis dapat terjadi akibat gigi berlubang yang tidak segera dirawat, sehingga lama kelamaan lubang berkembang semakin dalam hingga mencapai lokasi saraf gigi.
Gigi yang berlubang tersebut membuat bakteri menjadi lebih mudah masuk untuk menginfeksi saraf gigi. Saraf gigi yang terinfeksi bakteri tersebut lama kelamaan dapat meradang, sehingga muncul rasa ngilu.
Pada pulpitis yang sudah parah, sakit gigi dapat muncul secara tiba-tiba, tanpa rangsang seperti suhu panas atau dingin.
Untuk mengatasi pulpitis, gigi yang berlubang perlu di tambal. Ibu dapat memeriksakan kondisi Ibu ke dokter gigi untuk melakukan penambalan. Bahan tambal yang digunakan mengandung bahan tertentu yang dapat mengurangi rasa sakit serta meredakan peradangan pada saraf gigi.
Apabila kerusakan yang terjadi pada saraf sudah sangat parah, dokter juga mungkin akan menyarankan Ibu untuk melakukan perawatan saluran akar. Pada perawatan saluran akar, saraf gigi akan diambil dan kemudian akar gigi akan diisi menggunakan bahan khusus.
Untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari sakit gigi yang Ibu alami secara lebih tepat, maka dianjurkan untuk memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi. Dengan begitu, perawatan yang dilakukan pun akan lebih efektif. Semoga jawaban di atas dapat membantu dan semoga cepat sembuh.
Salam Sehat
kesehatan gigisakit gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil