Gigi tumbuh bertumpukan, bagaimana cara penanganannya?

MA Info Penanya: MA
Maaf dok..saya mau bertanya..gigi saya yang di depan tidak bagus pertumbuhannya...pertumbuhan gigi depan ke geser di gigi sebelah kanan..trus terjadi gigi gingsul..trus yang di depan,tengah keliatan lubang...solusi yang tepat gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu masalah kesehatan yang penting. Masalah kesehatan gigi tidak selalu hanya karena gigi berlubang, bisa juga karena pertumbuhan gigi yang tidak rapi. Beberapa penyebab pertumbuhan gigi tidak rapi pada anak :

  1. Genetik
    Hal ini terkait ukuran rahang, ukuran gigi dan bentuk wajah. Ukuran rahang yang kecil dan gigi yang besar, tentu saja dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi pada seseorang.
  2. Patahnya gigi susu yang tidak sesuai
    Jika gigi susu copot terlalu cepat atau terlambat dapat menyebabkan gigi menjadi berantakan.
  3. Kebiasakan mengigit kuku, bibir, mengisap lidah, dan lain lain.

Jika Anda mengalami gigi yang tidak rapi karena rahang yang kecil atau karena gigi susu yang copot terlalu cepat atau lambat, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti rongent. Dan menentukan terapi selanjutnya bisa dilakukan pemasangan behel atau terapi lainnya. Selalu konsumsi makanan yang bergizi perbanyak sayur dan buah, banyak mminum air putih, hindari minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MA
09 Sep 2020, 16:41
dok..dulu waktu kelas 5 saya cabut gigi..dokter gigi mencabut gigi yang tidak goyang..dengan terpaksa gigi saya di cabut 2..dan sekarang gigi saya gingsul di tengah..trus bagian sampingnya jadi lubang..butuh solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
09 Sep 2020, 22:32
Selamat malam MA,
Bila Anda ingin merapikan gigi yang gingsul maka tentunya perlu melakukan perawatan pemasangan kawat gigi/ behel. Dan jangan lupa untuk menambal gigi yang berlubang ke dokter gigi.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh MA
10 Sep 2020, 04:18
Apakah bisa ya dok?kalau gigi yang gingsul karna salah pertumbuhan shingga keliatan lubang,apa bisa di rapikan pakai behel?lokasi gigi atas depan yg gingsul..bukan di taring..mohon solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Sep 2020, 11:44
Selamat siang MA,
Jika ada gigi yang tumbuh tidak baik bisa dilakukan perbaikan atau merapihkan bentuk gigi salah satunya dengan pemasangan behel atau kawat gigi. Jika ada lubang atau celah di gigi depan atau istilahnya diastema, selain dengan behel bisa juga dilakukan penambalan. Jadi bisa coba periksakan diri pada dokter gigi ya untuk penanganan lebih lanjut. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Crown gigi bertujuan untuk memperbaiki penampilan dan mengembalikan fungsi gigi yang telah rusak

Sebelum Pasang Crown Gigi, Kenali Jenis dan Prosesnya Terlebih Dulu

Crown gigi adalah pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak. Tujuannya adalah untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi gigi yang telah rusak.