Apakah penyebab benjolan pada gusi saya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Dok di gusi saya di atas gigi taring ada seperti mau tumbuh gigi lagi (keras dan putih) padahal gigi taring saya sudah seri. Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan adalah adanya pembersaran pada organ atau pada permukaan tubuh. Terjdinya benjolan ini bisa dikarenakan adanya trauma, benturan atau bahkan beberapa kondisi medis yang lainnya. Oleh karena itu benjolan bisa saja muncul diseluruh area tubuh tanpa terkecuali termasuk pada rongga mulut, yaitu pada gusi.

Adapun beberapa penyebab benjolan yang dapat terjadi pada gusi diantaranya adalah:

  • Adanya peradangan pada gusi atau dalam istilah medis disebut dengan ginggivitis
  • Adanya abses pada gigi dan gusi
  • Adanya kista pada gusi
  • Adanya gigi yang tumbuh tidak pada tempatnya atau sering disebut dengan impaksi
  • Adanya maloklusi pada gigi
  • Adanya kanker atau tumor pada jaringan sekitar

Terkait dengan apa yang saat ini Anda keluhkan, beberapa penyebab bisa dikarenakan salah satu dari yang sudah disebutkan di atas. Untuk itu, segeralah periksakan diri Anda ke dokter gigi terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang oleh dokter gigi sehingga Anda mendapatkan tatalaksana serta terapi yang sesuai.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan sementara adalah dengan tetap menjaga kebersihan rongga mulut setidaknya dengan menggosok gigi setelah makan dengan pasta gigi dan sikat gigi yang sesuai dengan kondisi gigi dan gusi Anda, konsumsilah makanan sehat bergizi, berkumurlah dengan air garam untuk membantu mengurangi peradangan, dan cukupilah kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gusi juga dialami penderita HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1

4 Kondisi Ini Dapat Memicu Sakit Gusi

Sakit gusi adalah kondisi yang diakibatkan oleh gingivitis atau radang gusi. Salah satunya adalah impaksi makanan yang tersangkut antara gigi dan gusi. Namun, radang gusi juga dapat terjadi pada penderita penyakit HIV/AIDS dan Herpes Simpleks Tipe 1.