Gigi tumbuh penyebab sariawan

IQ Info Penanya: IQ, Pria, 2020 Tahun
Bagimana cara mengatasi gigi yang baru tumbuh agar tidak terasa sakit karena bergesekan dengan kulit sehingga menimbulkan sariawan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IQ,

Gigi yang tumbuh bisa menjadi penyebab sariawan terutama ketika gigi baru tumbuh merobek gusi. Keluhan ini sering kali terjadi pada gigi geraham bungsu, dimana saat proses pertumbuhan gigi bungsu dapat menimbulkan robekan dan juga rasa nyeri terutama jika pertumbuhannya kurang baik atau di sebut impaksi.

Selain itu bisa juga gigi yang tumbuh letaknya bertumpukan dengan gigi lainnya sehingga bisa lebih condong dan menimbulkan luka di dinding gigi dan lidah. Untuk itu apabila sering kali mengalami sariawan akibat gigi yang tumbuh perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi. Nantinya gigi yang letaknya kurang baik dapat dirapihkan. Dokter gigi akan menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan seperti misalnya pencabutan gigi ataupun pemasangan kawat gigi untuk merapihkan bentuk gigi.

untuk mengatasi sariawan yang timbul sendiri bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Rajin menggosok gigi minumal 2 kali sehari
  • Hindari makanan yang sulit dicerna
  • Berkumur menggunakan obat kumur
  • Menggunakan obat salep atau krim mulut untuk mengatasi sariawan
  • Makan sayur dan buah
  • Mengonsumsi multivitamin seperti vitamin C dan vitamin B kompleks
  • Berkumur air garam hangat atau gunakan bahan alami lain

Jika sariawan menimbulkan nyeri, bisa juga mengonsumsi makanan yang lebih lunak dan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang disebabkan karena sisa makanan dan minuman yang menumpuk dan menempel pada gigi

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Hindari

Gigi berlubang adalah rusaknya lapisan gigi yang disebabkan oleh plak yang merupakan gabungan dari bakteri, air liur, asam, dan sisa makanan. Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh sisa makanan dan minuman yang menumpuk dan menempel di permukaan gigi. Faktor lain yang dapat menyebabkan hal ini adalah susunan gigi, cara menyikat gigi yang salah, dan mulut kering.