Gigi tumbuh pada bagian belakang sangat sakit

SS Info Penanya: SS, Wanita, 24 Tahun
Mau tanya dok apa gigi tumbuh pda bgian belakang sangat sakit dan bisa menyebabkan demam?Dan bagaimana solusinya untuk meredakan nyeriTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SS,

Gigi yang tumbuh di bagian belakang bisa ditimbulkan karena pertumbuhan gigi bungsu. Kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah gejala terutama jika ada gangguan letak atau arah pertumbuhan gigi bungsu yang disebut impaksi. Selain karena pertumbuhan gigi bungsu bisa juga disebabkan karena infeksi gusi, gigi yang retak, adanya abses atau ada kumpulan nanah, dan penyebab lainnya.

Gejala yang timbul sendiri bisa disertai sakit kepala, gigi ngilu, demam, bengkak di sekitar rahang, bau mulut dan lainnya. Demam sendiri bisa menandakan adanya infeksi. Untuk itu ada baiknya melakukan pemeriksaan pada dokter gigi untuk penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut baik pemberian obat ataupun merencanakan tindakan seperti pencabutan gigi bungsu.

Selain itu bisa dilakukan penanganan dengan membersihkan gigi, berkumur dengan air garam hangat ataupun obat kumur, kompres dengan air dingin atau menggunakan kantung teh atau juga mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beberapa kondisi medis, seperti Dentinogenesis imperfecta (perkembangan gigi tidak normal), bisa menjadi penyebab gigi kuning.

Apa Saja Penyebab Gigi Kuning dan Cara untuk Menghindarinya?

Warna gigi yang menguning bisa menjadi salah satu penyebab turunnya rasa percaya diri. Untuk menghindarinya, ketahuilah ketujuh penyebab gigi kuning ini dan cara mencegahnya.