Apakah penyebab tumbuh benjolan di langit-langit mulut?

WS Info Penanya: WS, Pria, 19 Tahun
Dok saya sudah berumur 20,dua hari yg lalu saya merasakanada yg bentol dilangit2 mulut, dan ternyata pas dicek itu seperti tumbuh gigi keras gitu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WS

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gigi ektopik adalah pertumbuhan gigi yang terjadi di luar lengkung rahang. Gigi yang paling sering mengalami ektopik adalah gigi taring. Gigi ektopik ini dapat tumbuh sempurna, dapat terjadi impaksi, dan juga transposisi. Selain karena adanya gigi ektopik, benjolan pada langit-langit mulut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Adapaun kondisi yang menyababkan adanya benjolan pada langit-langit mulut adalah sebagai berikut:

  • Adanya trauma pada rongga mulut
  • Adanya infeksi yang berasal dari jamur, virus, ataupun bakteri
  • Torus platinus
  • Tumor jinak / tumor ganas
  • Pembengkakan kelenjar getah bening / kelenjar air liur

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, harus dipastikan terlebih dahulu penyebab dari adanya benjolan tersebut. Tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah hindari memencet/melukai/mengilangakn benjolan tersebut sendiri, menjaga kebersihan rongga mulut dengan menggosok gigi dan berkumur setiap sesudah makan dan sebelum tidur, mengonsumsi makanan yang lunak namun tetap bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian agar tidak dehidrasi, serta melakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika keluhan dirasa semakin memberat, atau tidak ada perubahan. Segera priksakan diri Anda ke dokter gigi terdekat. Hal ini bertujuan untuk dilakukan pemeriksaan fisik yang sesuai serta bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti xray. Sehingga dapat lakukan tatalaksana dan terapi yang sesuai dengan kondisi Anda

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang rahang atas adalah sebagai tempat melekatnya gigi bagian atas

Tak Kalah dari Rahang Bawah, Ini Fungsi Tulang Rahang Atas

Seringkali Anda mungkin melupakan keberadaan tulang rahang atas yang tidak bisa bergerak. Meskipun demikian, fungsi tulang rahang atas tidak kalah penting dengan tulang rahang bawah. Salah satu kegunaannya adalah membantu gerakan di wajah dan mulut Anda.