Gigi tumbuh di dalam gusi. Apakah bisa di bedah?

F Info Penanya: F, Wanita, 18 Tahun
Gigi taring saya tumbuh di dalam gusi. Apa bisa dibedah? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Gigi yang masih tertanam di dalam gusi, padahal sudah waktunya tumbuh bisa disebabkan karena posisi yang miring sehingga tidak memungkinkan gigi tersebut untuk keluar. Sebagai solusi akan kondisi ini, memang bisa dilakukan prosedur pembedahan.

Prosedur tersebut bertujuan untuk membuka jalur bagi jalan keluar gigi agar gigi tersebut bisa tumbuh. Namun, karena posisi yang masih miring, maka pembedahan akan disertai juga dengan pemasangan kawat gigi sebagai alat penariknya. Kawat gigi perlu terus dipasang hingga gigi sudah berada di posisi yang tepat.

Untuk melakukan perawatan ini, Anda perlu memeriksakannya ke dokter gigi spesialis ortodonsia (Sp.Ort). Sebelum memutuskan perawatan yang tepat, dokter akan menginstruksikan Anda untuk melakukan pemeriksaan rontgen untuk menentukan secara pasti posisi gigi yang tertanam.

Semoga bermafaat,


salam sehat

drg. Nina Hertiwi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berapapun usia Anda, gigi palsu tetap perlu dipasang untuk menggantikan gigi yang telah lepas

Mengenali Jenis-jenis Gigi Palsu dan Perbedaanya

Pemasangan gigi palsu penting dilakukan, untuk menggantikan gigi yang telah lepas. Bukan hanya karena faktor estetis, gigi tiruan juga perlu dipasang agar fungsi pengunyahan rongga mulut, bisa kembali baik.