Gigi tiba tiba berdarah apa harus dicabut?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 21 Tahun
Gini dok. Sekitar jam 1 lebih 30 menit dinihari kan saya udah tidur pules tuh. Tiba" terbangun gara" sakit yg luar biasa pada gigi sebelah kiri saya yg memang berlubang. Tambalannya sng udah lepas lama. Tapii baru sakit luar biasa kaya gini dok. Sampe buat berludah aja sakit luar biasa. Setelah saya turun kasur dan berkaca. Saya senterin ke gigi. Ko keluar darah yg lumayan bnyak dan lagi. Darahnya kental kaya darah haid gtu dok. Tanpa aroma. Itu knp ya dok?? Solusi nya bagaimana.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Gigi berlubang adalah salah satu permasalahan paling umum di sekitar rongga mulut, dan bisa dialami siapa saja, mulai anak-anak hingga orang tua. Hal ini sering berkaitan dengan kebiasaan jarang menyikat gigi, sehingga tanpa terasa banyak bakteri berkembang biak yang pelan-pelan akan mengikis lapisan gigi dan timbul lubang.

Pada awalnya gigi berlubang ini tidak menimbulkan keluhan nyeri, kecuali lubangnya sudah dalam dan lebar yang melibatkan persarafan pada gigi maka akan menimbulkan keluhan nyeri gigi yang tidak tertahankan dan dapat menjalar hingga ke sakit kepala.

Perihal kondisi gigi berlubang Anda yang mendadak berdarah, maka tentunya sangat rawan terjadi infeksi lebih lanjut, sehingga sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Bila nantinya sudah diperiksa dan tidak memungkinkan untuk ditambal, maka terpaksa harus dicabut agar tidak menjadi sarang bakteri.

Sementara untuk meredakan nyeri gigi Anda, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Kumur menggunakan air yang sudah dicampur dengan garam.
  • Bila ada perdarahan aktif, maka kumur menggunakan air es untuk membantu menghentikan perdarahannya.
  • Sumbat gigi yang nyeri menggunakan bawang yang sudah dimemarkan selama 5 menit sebagai antibiotik alami.
  • Minum paracetamol untuk membantu meredakan nyerinya.
  • Hindari makanan yang lengket dan manis.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi keropos disebabkan oleh lapisan enamel gigi yang rusak atau menipis

Penyebab Gigi Keropos yang Mungkin Tidak Anda Sadari Sebelumnya

Gigi keropos disebabkan oleh lapisan enamel gigi yang rusak atau menipis. Penyebab gigi keropos, antara lain mengonsumsi soda berlebihan, mulut kering, hingga refluks asam lambung.