Apakah gigi permanen bisa tumbuh lagi?

SM Info Penanya: SM
Dok, saya mau tanya kalau gigi tengah bawah copot di usia 26 tahun apakah akan tumbuh gigi lagi? Soalnya baru copotnya di usia sekarangTerimaksih dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SM.

Pada usia dewasa, manusia memiliki gigi sejumlah 32 buah, yang terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham. Gigi-gigi ini berfungsi untuk mengoyak dan mengunyah makanan menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna, sehingga penyerapan nutrisi akan berjalan optimal oleh sistem pencernaan.

Benih gigi terbentuk sejak seseorang masih di dalam kandungan. Benih tersebut akan keluar dalam bentuk gigi susu sejak rata-rata usia 6 bulan, satu demi satu sampai usia 6 tahun. Lalu, gigi susu tersebut akan tanggal satu per satu dan digantikan oleh gigi permanen.

Terkait pertanyaan Anda, apabila usia Anda sudah 26 tahun, kemungkinan besar gigi yang tanggal adalah gigi permanen. Jika benar gigi permanen yang tanggal, maka gigi tersebut tidak akan tumbuh penggantinya. Tetapi, agar lebih pasti, Anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter akan memeriksa gigi Anda dan memberi solusi yang tepat terkait gigi tersebut.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi untuk mencegah plak yang menumpuk. Selain itu, batasi konsumsi makanan dengan pemanis buatan dan makanan yang asam, ya. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tambal gigi adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah

Ternyata Tambal Gigi Bisa Dilakukan untuk Gigi Patah, Bagaimana Prosedurnya?

Gigi patah adalah risiko yang dapat terjadi saat berolahraga. Gigi yang patah membutuhkan penanganan segera karena mempengaruhi keberhasilan prosedur. Tambal gigi patah adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah.