Gigi Susu yang Dicabut Saat Usia 20 Tahun, Apakah Akan Tumbuh Gigi Baru?

M Info Penanya: M, Wanita, 20 Tahun
Salam Dokter, Mau tanya, saat ini usia saya 20 tahun, tapi gigi di bagian depan masih gigi susu dan gigis atau berlubang. Apa jika dicabut akan tumbuh gigi tetap baru? Atau boleh gigi susu itu saya tambal? karena saya risih jika tersenyum. Bila di cabut atau ditambal, apa ada efek samping ke anggota tubuh disekitarnya?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu M,

Gigi susu adalah merupakan pemandu untuk tumbuhnya gigi permanen atau gigi tetap. Hal ini menyebabkan banyak kondisi dimana gigi susu dipertahankan bila benih gigi tetap belum ada atau belum tumbuh. Secara normal maka gigi susu mulai tanggal saat usia anak 6 sampai 7 tahun, dan berakhir di usia 11 sampai 12 tahun. Sehingga saat ini pada usia 20 tahun seharusnya semua gigi susu secara normal sudah harus tanggal sendiri karena terserap atau dorongan dari gigi tetap yang tumbuh, dan digantikan dengan gigi permanen.

Untuk gigi susu yang masih ada, dan berlubang sebaiknya memang ditambal supaya tidak menjadi sumber infeksi dan menimbulkan rasa rendah diri. Sebaiknya segera kunjungi Dokter gigi yang akan menyarankan untuk melakukan foto rontgen gigi untuk melihat apakah ada benih gigi permanen dibawah gigi yang susu ini. Bila benih gigi permanen ada dan sehat makan Dokter gigi akan menyarankan untuk mencabut gigi susu supaya memberikan ruang untuk tumbuhnya gigi permanen tersebut.

Pencabutan dan penambalan gigi bila dilakukan oleh Dokter gigi secara profesional maka tidak akan mengganggu dan berakibat buruk untuk organ sekitarnya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.