Kenapa gigi susu belum tumbuh setelah dicabut?

ID Info Penanya: ID
Selamat pagi dok,, anak saya umur 6 thn... Setelah gigi susunya di cabut oleh dokter gigi kenapa sdh 3 bln blm tumbuh jg ya sedangkan gigi susu lainnya setelah di cabut dokter gigi jg tumbuhnya cepat dalam seminggu sdh tumbuh. Gigi susu anak sy yang depan atas sebelah kanan blm tumbuh setelah di cabut dokter gigi sdngkan yg depan satunya lg sdh tumbuh, tolong penjelasan nya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ID,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Gigi pada anak akan mengalami dua kali masa pertumbuhan gigi. Pertama, gigi susu mulai tumbuh saat bayi berusia 6 bulan dan terus berlangsung hingga 2 sampai 3 tahun.

Memasuki usia lima tahun, anak akan mengalami gigi susu copot dan kemudian digantikan oleh gigi permanen atau gigi dewasa.

Berikut urutan tanggalnya gigi susu dan tumbuhnya gigi permanen berdasarkan usia anak :

  • Usia 6-7 tahun : gigi seri tengah atas dan bawah
  • Usia 7-8 tahun : gigi seri samping atas dan bawah
  • Usia 9-11 tahun : gigi geraham pertama atas dan bawah
  • Usia 9-12 tahun : gigi taring bawah
  • Usia 10-12 tahun : gigi taring atas, gigi geraham kedua atas dan bawah

Pertumbuhan gigi permanen ini biasanya membutuhkan waktu satu minggu sampai enam bulan sejak gigi susunya copot. Anda tidak perlu khawatir karena gigi anak Anda belum tumbuh selama tiga bulan, jika sudah lewat dari 6 bulan dan belum tumbuh sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mencari tahu penyebab pasti dari terlambatnya pertumbuhan gigi anak Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi goyang bisa disebabkan oleh penyakit gusi

6 Penyebab Gigi Goyang Pada Orang Dewasa

Gigi goyang pada orang dewasa bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada gusi atau gigi. Gigi goyang bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti penyakit gusi ataupun diabetes.Ketahui berbagai penyebabnya.