Apakah berbahaya jika masih ada sisa gigi susu yang patah?

AR Info Penanya: AR, Pria, 1 Tahun
Maaf dok,saya mau tanya..apakah ga masalah jika gigi susu masih ada yg tertingal alias patahannya masih tertinggal...soalnya mau cabut gigi ke dokter dimusim pandemi ga bisa juga....apakah gigi permanen masih bisa tumbuh seperti biasanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Gigi patah merupakan suatu kondisi dimana sebagian gigi mengalami keretakan. Gigi patah memiliki beberapa tipe. Tipe-tipenya yaitu retakan berupa garis halus, patah di mahkota gigi, gigi retak keseluruhan, gigi patah menjadi dua, dan gigi patah ke arah vertikal. 

Terkait dengan kondisi pada gigi susu Anda ini, jika patahan yang tertinggal tidak menimbulkan keluhan nyeri dan gusi bengkak, maka itu tidak apa-apa. Masih bisa Anda tunda ke dokter gigi dulu. Tetapi, jika menimbulkan keluhan, sebaiknya Anda harus segera periksa ke dokter gigi agar diberi tindakan. Untuk sementara, Anda jangan mengkonsumsi makanan yang keras dulu seperti es batu, kacang, dll. 

Pada gigi yang patah, tidak akan tumbuh gigi yang tetap jika masih ada sisa patahannya. Kecuali jika sisa patahan tersebut dicabut, maka gigi tetap bisa tumbuh. 

Cara mengatasi gigi patah

Untuk mengatasi gigi patah, dokter gigi akan memberikan tindakan:

  • Penambalan gigi.
  • Pemasangan veneer. 
  • Memasang mahkota jaket.
  • Merawat saluran akar.
  • Pencabutan gigi.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dokter gigi anak secara khusus menangani masalah-masalah gigi anak

Mengapa Pilih ke Dokter Gigi Anak? Ini Penjelasannya

Dokter gigi anak dapat menangani masalah kesehatan gigi dan mulut anak, namun juga memerhatikan kondisi psikologis anak. Apa saja bedanya dokter gigi anak dengan dokter gigi umum?