Gigi Susu Belum Tanggal Meskipun Gigi Tetap Sudah Muncul

MD Info Penanya: MD, Wanita, 25 Tahun
Halo dokter, saya memiliki anak yang berusia enam tahun. Keluhan saya adalah gigi susu anak saya yang tidak kunjung tanggal, padahal gigi tetapnya sudah muncul. Saya sempat pergi ke dokter puskesmas dan dokter tidak mau mencabut gigi anak saya karena giginya belum goyang. Dokter hanya menyuruh saya untuk menggoyag-goyangkan giginya. Namun, sudah berbulan-bulan saya menggoyangkan gigi susu anak saya tetapi gigi tersebut tidak tanggal sementara gigi tetapnya sudah makin bertumbuh. Apa ada cara tertentu yang dapat saya lakukan agar gigi anak saya cepat tanggal? karena kondisi saya yang di pedesaan, saya sulit untuk pergi ke dokter gigi, ataukah saya memang seharusnya pergi ke dokter gigi khusus? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu MD,

Pada dasarnya gigi susu menjadi panduan untuk tumbuhnya gigi permanen. Hal ini menyebabkan banyak kondisi dimana gigi susu dipertahankan bila benih gigi tetap belum ada atau belum tumbuh. Pada usia anak 6 tahun, maka gigi yang ada adalah merupakah gigi peralihan yaitu gigi susu, benih gigi tetap serta gigi tetap yang sudah tumbuh.

Secara normal maka gigi susu mulai tanggal saat usia anak 6-7 tahun, dan berakhir di usia 11-12 tahun.

Yang dialami oleh anak Ibu adalah gigi anak berjejal dan pertumbuhan gigi tetap memanjang karena gigi susu belum tanggal atau dikenal dengan nama Persistensi. Pada keadaan ini gigi susu sebaiknya dicabut, untuk memberikan ruang bagi  tempat bertumbuhnya gigi tetap dan mencegah terjadinya gigi yang bertumpuk atau berjejal.

Pencabutan gigi susu pada anak, dapat dilakukan secara bertahap dan sebaiknya dalam pengawasan dokter gigi. Kami menyarankan untuk mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Gigi Anak (Drg.SpKGA) atau Dokter Gigi Spesialis Ortodonti (Drg.SpOrt) untukmelakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut.

Bila karena kendala lokasi yang jauh dari kota, maka setidaknya Ibu dapat mengunjungi tempat praktek atau Rumah Sakit untuk berkonsultasi dengan Dokter Gigi.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap gigi geligi, melakukan foto rontgen bila diperlukan, menentukan Diagnosa dan rencana perawatan yang akan dilakukan.

Dokter Gigi juga akan membuat rujukan ke Dokter Gigi Spesialis bila memang diperlukan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat gigi bungsu (wisdom tooth) tumbuh biasanya timbul nyeri atau pembengkakan di gusi

Ketimbang Sakit Berlama-Lama, Jangan Ragu Cabut Gigi Bungsu

Gigi bungsu (wisdon tooth) adalah gigi geraham ketika yang tumbuh di area paling belakang rahang dan biasanya tumbuh pada usia 17-25 tahun. Jika arah gigi bungsu tumbuh tidak normal, operasi cabut gigi bungsu adalah pilihan terbaik.