Gigi sudah tidak sakit tapi masih bengkak

IJ Info Penanya: IJ, Wanita, 17 Tahun
Dok saya mau nanya,saya kan sakit gigi tapi rasa sakitnya sudah hilang tinggal bengkaknya doangg,kira² bengkaknya hilang berapa hari ya dok mohon di jawab terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IJ,

Gusi dan pipi yang masih bengkak setelah sakit gigi menunjukkan proses peradangan di dalam tubuh masih berlangsung. Apakah sakit gigi yang dirasakan hilang setelah penanganan ke dokter gigi atau hanya hilang dengan obat penghilang nyeri yang dibeli sendiri di apotek? Bila sakit gigi yang dirasakan hilang setelah penanganan dari dokter gigi seperti dibersihkan dan ditambal, maka bengkak akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 3-7 hari tentunya dengan pemberian obat radang dan antibiotik. Namun bila sakit gigi yang dirasakan hilang setelah minum obat penghilang nyeri saja tanpa penanganan dokter gigi, maka bengkak tersebut menunjukkan masih ada bakteri di dalam gigi yang menyebabkan proses peradangan masih berlangsung. Bila hal ini dibiarkan dan tidak mendapat penanganan yang tepat maka infeksi akan menyebar semakin luas hingga ke seluruh tubuh dan menimbulkan berbagai komplikasi.

Sakit gigi merupakan pertanda adanya bakteri di gigi yang menimbulkan gigi berlubang dan perlu dibersihkan dan ditambal, tidak cukup hanya dengan minum obat penghilang nyeri.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari gigi berlubang :

  1. Rutin menyikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur, serta membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.
  2. Rutin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan.
  3. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis.
  4. Perbanyak konsumsi air putih untuk membilas rongga mulut.

Bila bengkak menetap atau semakin membesar, disertai demam, segera periksakan diri ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang bisa dialami semua orang.

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Hindari

Setiap orang memiliki risiko memiliki gigi berlubang. Ketahui beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko sakit gigi di sini