01 Jun 2020, 20:15Gigi & Mulut

Gigi seri anak 14 tahun jika dicabut apa akan tumbuh kembali ?

DS
Info Penanya: DS, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya,anak saya berusia 14 tahun. Tetapi gigi seri depanny berlubang, bila dicabut apakah akan tumbuh kembali atau tidak?
34160 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, DS.Gigi seri adalah gigi pengisi bagian tengah dan samping rahang atas dan bawah yang digunakan untuk mengigit. Pada anak, gigi yang pertama kali muncul adalah gigi seri yang berjenis gigi susu. Saat masa kanak-kanan, gigi susu sendiri secara keseluruhan berjumlah 20 buah. Usia kemunculan pertama dari gigi susu berkisar pada usia 6-12 bulan dan umumnya akan tanggal kisaran usia 10-12 tahun.Sedangkan pada orang dewasa yang keseluruhan giginya berjumlah 32 buah, 8 diantaranya merupakan gigi seri yang terbagi menjadi 4 buah pada rahang atas dan 4 buah pada rahang bawah.

Gigi permanen akan tumbuh setelah gigi susu tanggal, yang umumnya memiliki urutan waktu seperti berikut ini :

  • gigi seri tengah atas dan bawah pada usia 6-7 tahun
  • gigi seri samping atas dan bawah pada usia 7-8 tahun
  • gigi geraham pertama atas dan bawah pada usia 9-11 tahun
  • gigi taring bawah pada usia 9-12 tahun
  • gigi taring atas, gigi geraham kedua atas dan bawah pada usia 10-12 tahun
Mengenai pertanyaan Anda, perlu terlebih dahulu dipastikan jenis dari gigi seri anak Anda saat ini apakah masih berupa gigi susu ataukah sudah digantikan oleh gigi permanen sebelumnya. Jika sudah berupa gigi permanen maka jika dicabut, tidak akan ada gantinya atau tidak akan tumbuh gigi kembali. Jika memang sudah berupa gigi permanen maka mungkin akan disarankan jenis terapi lainnya selain pencabutan gigi jika lubang pada gigi tidak terlalu parah dan gigi masih bisa dipertahankan.Untuk memastikan jenis gigi anak Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisinya saat ini, ada baiknya diperiksakan ke dokter Gigi terdekat.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
kesehatan gigikesehatan mulutgigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil