Apakah gigi masih bisa tumbuh saat usia 23 tahun?

MK Info Penanya: MK
Apakah gigi saya bisa tumbuh dokk yang samping bawah sebelah kanan, saya umur 23 tahun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MK.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Gigi permanen sudah mulai tumbuh sejak usia 6 tahun, dimulai dari gigi seri bawah dan secara bergantian terus menggantikan gigi susu hingga usia 13 tahun.

Setelah usia tersebut, biasanya tidak ada lagi gigi permanen yang akan tumbuh, kecuali gigi geraham bungsu. Gigi geraham bungsu biasanya mulai tumbuh di usia 17-21 tahun. Melewati usia 21 tahun, gigi tersebut masih bisa tumbuh.

Sehingga, jika yang Anda maksud dengan gigi samping bawah sebelah kanan adalah gigi geraham bungsu, maka masih ada kemungkinan gigi tersebut akan tumbuh jika memang ada benih gigi yang tertanam di dalam gusi.

Namun, jika gigi yang Anda maksud adalah gigi lainnya, maka jika gigi tersebut belum tumbuh di usia 23 tahun maka kemungkinan memang tidak terdapat benih gigi di dalamnya, sehingga tidak bisa tumbuh. Apabila yang Anda maksud adalah gigi permanen yang sebelumnya tumbuh namun sudah tanggal akibat gigi berlubang atau dicabut, maka gigi tersebut tidak akan tumbul lagi.

Untuk itu Anda disarankan kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Salam sehat.

dr. Reni Utari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat permen karet yang baik untuk tubuh Anda.

5 Manfaat Permen Karet yang Ternyata Penting untuk Tubuh

Mungkin Anda kaget saat mengetahui bahwa permen karet memiliki banyak manfaat. Faktanya, memang banyak studi yang menjelaskan manfaat permen karet. Ternyata, manfaatnya penting untuk kesehatan fisik serta mental Anda.