13 Sep 2021, 16:49Gigi & Mulut

Penyebab sakit gigi setelah tambal permanen

AK
Info Penanya: AK0
Halo dokter, saya ingin bertanya mengenai gigi geraham kanan bawah saya yang sakit setelah ditambal permanen. Sebelum ditambal, keadaan gigi saya sudah berlubang besar dan sakit apabila digunakan mengunyah. Setelah itu, saya pergi ke dokter gigi dan dilakukan perawatan 2× tambal sementara dengan selisih 3 hari. Pertemuan ke 3 sudah bisa ditambal permanen, namun setelah tambal permanen gigi saya malah tambah sakit meskipun tidak digunakan, nyeri dan rahang berbunyi ketika membuka mulut.
167 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Sakit gigi dapat dirasakan secara tiba-tiba ketika seseorang makan makanan yang terlalu dingin, terlalu panas. Sakit gigi juga dapat menetap, bahkan semakin memberat, membuat kesulitan mengunyah dan makan.

Apa yang menyebabkan sakit gigi setelah tambal permanen ?

Gigi geraham kanan bawah Anda yang sakit setelah ditambal permanen. Sebelum ditambal, keadaan gigi Anda sudah berlubang besar dan sakit apabila digunakan mengunyah. Setelah itu, Anda pergi ke dokter gigi dan dilakukan perawatan 2× tambal sementara dengan selisih 3 hari.Pertemuan ke 3 sudah bisa ditambal permanen, namun setelah tambal permanen gigi Anda malah tambah sakit meskipun tidak digunakan, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Infeksi pada gigi maupun saluran akar yang belum tertangani.
  • Saat gigi ditambal, dokter akan membersihkan gigi dan sekitarnya, ini dapat memicu rasa sakit bahkan setelah penambalan selesai.
  • Tambalan gigi yang tidak pas sehingga memicu rasa sakit.
Nyeri dan rahang berbunyi ketika membuka mulut dapat disebabkan oleh pergeseran rahang saat penambalan gigi dimana mulut harus terbuka lebar dalam waktu lama. Selain itu dapat disebabkan oleh penjalaran nyeri dari gigi yang baru ditambal.Yang dapat Anda lakukan saat ini, kunyah makan bertekstur lembut, tidak makan makanan dan minum yang terlalu dingin atau panas, usahakan pelan-pelan saat membuka mulut, berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam, konsumsi obat nyeri.Jika tidak kunjung membaik, gigi semakin sakit, konsultasi ke dokter gigi kembali.Seoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.   
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil