Cara mengatasi gigi sakit dan gusi bengkak

SS Info Penanya: SS
Halo dok ...gigi Graham sy ada tambalan dan sekarang bolong....kondisi skarang sakit sekali dan bengkak. Untuk mengurangi bengkak dan sakitnya saya harus minum obat apa dok? Soalnya pads saat situasi covid 19 ini jarang ada dokter gigi yang praktek. Sebelumnya makasih saran dan jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gigi yang berlubang merupakan suatu kondisi yang tidak nyaman sehingga menyebabkan kesulitan untuk mengunyah makanan. Biasanya untuk mengatasi gigi yang berlubang, tindakan yang dilakukan berupa penambalan gigi, pemberian fluoride gigi, pemasangan mahkota gigi, dan perawatan akar gigi. 

Jika tambal gigi lepas, maka harus segera diperbaiki agar gigi dapat kembali berfungsi dengan baik. Untuk sementara mengatasi rasa sakit dan bengkak pada gigi Anda, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang aman seperti ibuprofen atau paracetamol. Lalu, bisa juga dibantu dengan kumur air garam, kumur dengan air lemon, berkumur dengan air rebusan daun jambu biji, dan mengoleskan belimbing wuluh di area yang bengkak.

Jika cara alami diatas sudah Anda lakukan secara rutin dan tidak ada perubahan, maka saya sarankan untuk tetap periksa ke dokter gigi agar dapat ditangani lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan karang gigi secara alami, sebenarnya lebih tepat untuk mengatasi plak.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi, Apakah Ada?

Keberadaan karang gigi tentu mengganggu kesehatan dan penampilan. Mungkin Anda pernah mendengar tentang beberapa cara alami menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter. Apakah benar, karang gigi bisa dibersihkan sendiri?