31 Aug 2020, 00:59Gigi & Mulut

Gigi rusak dan berlubang

AB
Info Penanya: AB, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya. Saya sudah sikat gigi 2x sehari, mengurangi makanan asam, manis, dan bersoda. Saya juga tidak minum kopi, alkohol, maupun merokok, tetapi kenapa tetap terjadi kerusakan pada gigi saya seperti berlubang dan keropos ya? Apakah ada solusi dok untuk mengatasi masalah ini?
2854 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AB,Kerusakan gigi seperti gigi berlubang, gigi keropos, adalah keluhan yang bisa timbul tidak hanya karena beberapa makanan yang sudah dipantang saat ini. Gigi keropos bisa juga terjadi karena mengalami masalah kesehatan lain seperti memiliki riwayat penyakit asam lambung atau GERD, mulut yang kering, mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, atau penggunaan sikat gigi yang keras, kebiasaan menggigit benda keras ataupun masalah lainnya.Apabila saat ini ada gigi yang berlubang dan keropos, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter gigi terutama pada dokter gigi spesialis konservasi gigi. Nantinya selain diperiksa, dapat juga dilakukan penanganan pada gigi agar gigi yang rusak bisa dipertahankan dan diperbaiki kembali fungsi dan estetikanya.Pada gigi yang keropos atau berlubang bisa perlu dilakukan beberapa tindakan seperti:
  • Pembersihan karang gigi
  • Perawatan saluran akar
  • Penambalan gigi
  • Pemutihan gigi 
Tidak terbatas disitu saja, apabila nantinya perlu dilakukan pencabutan, bisa juga dilakukan pemasangan implan atau gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dilakukan pencabutan. Untuk itu apabila sering terjadi masalah gigi perlu memeriksakan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Tetap jaga asupan makan dan kebiasaan harian agar mencegah gigi berlubang dan terjadinya masalah gigi lain. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan gigigigi berlubangfraktur gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil