Gigi retak dan gusi bengkak

NS Info Penanya: NS, Wanita, 1 Tahun
Malam dokgigi sy sudah di tambal sudah lama namun sepertinya gigi saya retak dan sekarang gusi dalam dan luar bengkak dan sangat sakit, untuk meredakan sakitnya obat apa ya, mau ke rs takut korona dok :(Tapi gigi sangat sakit sampe ga bisa tidur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Adanya gigi yang retak bisa terjadi karena benturan, kecelakaan, ataupun karena kerusakan gigi akibat gigi bolong ataupun infeksi. Tidak jarang kondisi ini juga bisa berpengaruh pada kondisi sekitar gigi seperti gusi ataupun persarafan gigi.

Apabila saat ini sedang terjadi peradangan gusi dan juga sakit gigi, bisa dilakukan beberapa cara untuk meredakan sakit gigi dan mengatasinya seperti:

  • Berkumur dengan air garam hangat
  • Berkumur dengan obat kumur
  • Oleskan minyak cengkeh pada bagian yang nyeri
  • Kompres dengan es batu
  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna dan jangan terlalu panas atau dingin
  • Konsumsi obat pereda nyeri gigi seperti parasetamol ataupun ibuprofen

Tidak jarang kerusakan gigi dapat menjadi lebih berat jika tidak ditangani. Karena masa pandemi ini beberapa pelayanan kesehatan gigi juga membatasi pelayanannya. Untuk itu bisa ikuti saran yang diberikan dulu dan jaga kebersihan gigi dan rongga mulut agar terhindar dari gangguan kesehatan gigi lainnya.

Apabila sakit tidak tertahankan, adanya perdarahan yang aktif ataupun pembengkakan gusi yang menimbulkan gangguan makan, maka bisa periksakan pada puskesmas atau praktek dokter gigi terdekat. Jangan lupa gunakan masker saat keluar dari rumah. Nantinya penanganan sendiri bisa dengan pengobatan terlebih dahulu ataupun perlu tindakan seperti pencabutan gigi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.