Gigi permanen kenapa belum tumbuh?

S Info Penanya: S
Halo, Dokter. Saya berusia 20 tahun. Sewaktu saya berumur 9 tahun, 2 gigi susu saya copot. Yg satu disebabkan oleh pukulan di area mulut, dan yang satunya lagi copot secara normal. Namun gigi permanennya tidak kunjung tumbuh sampai sekarang. Apakah penyebabnya?Apakah ada kemungkinan gigi permanen saya akan tumbuh sekarang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SL,

Gigi permanen adalah gigi tetap yang menggantikan ketika gigi susu tanggal. Gigi permanen ini perlu dijaga baik-baik karena bila sudah tanggal, maka tidak mungkin tumbuh gigi lagi. Gigi susu akan perlahan-lahan tanggal satu per satu ketika seorang anak mulai berusia 6 tahun.

Perihal kondisi gigi Anda yang tanggal saat usia 9 tahun, apakah Anda yakin gigi yang tanggal tersebut adalah gigi susu? Gigi bagian mana yang tanggal?

Berikut ini perkiraan kapan gigi permanen akan mulai tumbuh:

  • Saat usia 6-7 tahun akan mulai tumbuh gigi seri depan rahang bawah, gigi geraham rahang bawah, gigi geraham rahang atas.
  • Saat usia 7-8 tahun akan mulai tumbuh gigi seri rahang atas.
  • Saat usia 9-10 tahun akan mulai tumbuh gigi taring rahang bawah.
  • Saat usia 10-12 tahun akan mulai tumbuh gigi geraham kecil ke-1, gigi geraham kecil ke-2 rahang atas dan rahang bawah, serta gigi taring.
  • Saat usia 12-13 tahun akan mulai tumbuh gigi geraham ke-2.

Berdasarkan uraian di atas, Anda bisa memperkirakan gigi Anda yang lepas adalah gigi susu atau gigi permanen. Dan sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk lebih pastinya. Dokter akan melakukan foto rontgen guna melihat masih adakah bakal gigi yang tertinggal di dalam gusi atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merawat gigi susu anak penting dilakukan untuk mencegah gigi berlubang dan gigis

Bukan Hal Sepele, Ini Cara Merawat Gigi Susu Anak Agar Tidak Berlubang

Gigi susu anak yang dibiarkan rusak bisa menyebabkan nyeri, rentan infeksi, bahkan bisa berpengaruh pada nafsu makan anak.