Gigi palsu saat kehamilan apakah berbahaya?

FE Info Penanya: FE, Pria, 39 Tahun
1. Apa benar kalau perempuan pakai gigi palsu (yg permanen) terus belum dicabut itu tidak boleh dilakukan operasi pada dirinya, misalnya operasi Caesar atau sedang dalam kehamilan ? 2. Apakah berbahaya apabila perempuan hamil masih memakai gigi palsu yg belum di cabut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FE,

Pemakaian gigi palsu pada saat hamil sebenarnya tidak terlalu bermasalah terutama jika gigi palsu dipasang oleh dokter gigi. Berbeda jika gigi palsu dipasang permanen oleh ahli gigi ataupun lainnya yang tidak terjamin keamanannya.

Pada saat hamil memang bisa timbul beberapa masalah giig salah satunya pembengkakan gusi akibat perubahan hormonal. Kesehatan gigi juga menjadi penting karena apabila terjadi infeksi ataupun peradangan baik pada gigi ataupun gusi bisa menjadi sumber pintu masuk infeksi yang bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Jika menggunakan gigi palsu yang permanen tidak masalah apabila dilakukan operasi ataupun tindakan. Berbeda jika menggunakan gigi palsu yang lepas pasang dimana perlu dilepas sebelum dilakukan tindakan operasi misalnya agar tidak mengganggu jalannya operasi terlebih jika dilakukan bius umum dan dilakukan tindakan intubasi sebelumnya.

Lakukan pemeriksaan gigi secara berkala pada dokter gigi agar kesehatan gigi bisa terjaga dan bersihkan gigi setiap harinya agar mencegah masalah pada rongga mulut baik gigi ataupun gusi. Dan jika mengalami sakit gigi saat hamil, hindari sembarangan minum obat ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Secara medis, potong rambut saat hami adalah hal yang sah dilakukan. Kenapa banyak orang yang menganggapnya tabu?

Mitos Potong Rambut Saat Hamil, Sebenarnya Boleh atau Tidak?

Banyak sesepuh atau orangtua yang percaya bahwa potong rambut saat hamil adalah hal tabu dan tak boleh dilakukan. Sebenarnya, pemahaman ini mitos atau fakta? Agar Anda lebih yakin, mari pahami penjelasan medisnya, di sini!