Gigi ngilu walaupun sudah dibersihkan

S Info Penanya: S, Wanita, 18 Tahun
Dokter, gigi saya ngilu terus apa obatnya yg pas ya dok? Walau gigi sudah dibersihkan tapi tetap ngilu.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terimakasih atas pertanyaannya.

Gigi ngilu atau nyeri disebabkan persarafan gigi atau disekitarnya sudah terganggu. Saraf gigi terletak di dalam gigi tersebut. Biasanya gigi berlubang, keropos, ompong atau cedera dapat mengakibatkan infeksi akibat bakteri terkumpul pada sisa makanan. Sisa makanan bisa terselip di sela-sela gigi atau daerah gigi yang rusak.

Minimal anda perlu menyikat gigi 2x sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain gigi anda juga perlu menyikat lidah dan menggunakan obat kumur antiseptik. Lebih baik lagi anda juga menyikat gigi setelah makan, misalnya sedia sikat gigi untuk di kantor. Dan yang paling penting pemeriksaan gigi oleh ahlinya yaitu dokter gigi minimal tiap 6 bulan. Dokter gigi akan membersihkan secara profesional dan kalau diperlukan memberi pelapis atau tambalan pada gigi anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.