Gigi keropos terasa sakit disertai gusi bengkak. Apakah boleh dicabut atau menunggu bengkaknya hilang dulu?

E Info Penanya: E, Wanita, 28 Tahun
Selamat malan Dok... Maaf saya mau bertanya... Kalau sakit gigi sampe bengkak karena giginya kropos cuma tinggal akarnya saja.. Apakah boleh dicabut atau nunggu sakit dan bengkaknya hilang dulu? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, E

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Kapankah timing yang tepat dalam mencabut gigi? Semua tergantung dokter gigi yang melakukan. Proses pencabutan gigi akan mengakibatkan perdarahan. Sehingga kondisi yang beresiko menyebabkan perdarahan meningkat harus dikontrol seperti tekanan darah dan diabetes. Biasanya tensi harus dalam batas normal dan kadar gula darah tidak boleh tinggi. Kadar gula darah tinggi mengakibatkan luka sulit sembuh dan mudah infeksi.

Pada saat gusi bengkak tandanya ada peradangan. Pada saat meradang, aliran darah meningkat ke daerah tersebut. Sehingga darah akan lebih banyak menumpuk di daerah bengkaknya. Bisa saja dokter gigi menganjurkan untuk menangani dulu radangnya dengan obat anti radang, anti nyeri dan antibiotik sebelum prosedur cabut gigi dilakukan.

Pada saat pencabutan gigi, dokter gigi akan menyuntik obat bius sehingga nyeri gigi akan hilang dan selama prosedur terasa baal dan tidak nyeri.

Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gusi juga dialami penderita HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1

4 Kondisi Ini Dapat Memicu Sakit Gusi

Sakit gusi adalah kondisi yang diakibatkan oleh gingivitis atau radang gusi. Salah satunya adalah impaksi makanan yang tersangkut antara gigi dan gusi. Namun, radang gusi juga dapat terjadi pada penderita penyakit HIV/AIDS dan Herpes Simpleks Tipe 1.