Gigi keropos dan berlubang disertai sakit gigi

RY Info Penanya: RY, Pria, 2019 Tahun
Dok gigi busi saya berlubang akibat tetjadinya pengkroposan gigi dan sekarang jadi menyebabkan sakit gigi,apakah harus di cabut atau gimana?kejadian ini udah lama ngga terjadi dan sekarang terjadi lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RY

Kondisi gigi anda disebut karies dentis. Gigi yang keropos karena kebiasaan tidak menggosok gigi dan konsumsi makanan manis menyebabkan gigi berlubang, yang lama kelamaan akar gigi menjadi busuk dan mati, kondisi tersebut menyebabkan kuman masuk lebih dalam disertai peradangan pada gusi sehingga menyebabkan sakit gigi yang terus berulang dan tak kunjung sembuh. 

Untuk tatalaksana biasanya dapat dilakukan beberapa upaya seperti perawatan saluran akar, gigi berlubang di tambal, jika tidak bisa ditambal maka akan dicabut

Untuk sementara anda harus menggosok gigi teratur dan sebelum tidur, kumur kumur dengan antiseptik mulut serta berkonsultasi dengan dokter gigi untuk tatalaksana lanjutan.

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggertakan gigi geligi dapat berdampak buruk pada kesehatan

Hati-hati, Menggertakkan Gigi Saat Tidur Bisa Merusak Struktur Gigi Geligi!

Menggertakkan gigi geligi saat tidur atau bruxism dapat berdampak buruk pada area wajah. Untuk mencegah menggertakkan gigi geligi, Anda bisa menghindari alkohol dan merokok.