Gigi goyang, apa bisa dinormalkan kembali?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam,Jika ada gigi yg goyang, dan gigi tersebut adalah gigi permanen. Apakah ada solusinya agar gigi tersebut tidak tercabut? Apakah ada cara untuk menguatkannya kembali? Terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SR.

Ketika sebagian akar gigi terlepas dari gusi dan rahang, maka gigi tidak akan tertanam sempurna dan menjadi goyang. Apabila kondisi tersebut terjadi pada anak, maka hal tersebut adalah normal, mengingat anak-anak akan mengalami pergantian dari gigi susu ke permanen. Tetapi, apabila dialami oleh dewasa yang sudah memiliki gigi permanen seperti Anda, maka hal tersebut tidak normal.

Beberapa penyebab gigi goyang adalah:

  • Plak gigi yang menumpuk, yang pada akhirnya menyebabkan gigi berlubang
  • Peradangan pada gigi atau gusi
  • Benturan, pukulan, atau trauma fisik lain pada pipi atau rahang
  • Berkurangnya kepadatan tulang dan gigi

Apabila gigi goyang yang Anda alami belum terlalu parah, maka dapat dilakukan tindakan splinting di dokter gigi. Tindakan splinting bisa dilakukan secara sementara dan permanen, dengan berbagai metode dan teknik yang dibedakan berdasarkan bahan splinting-nya. Beberapa bahan yang lazim digunakan adalah kawat lentur, resin, ataupun fiber nilon.

Tetapi, apabila sudah parah, maka dokter gigi akan menyarankan Anda untuk mencabut gigi tersebut. Apabila dicabut, maka gigi permanen tidak bisa tumbuh kembali. Namun, Anda dapat menggunakan gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut tersebut.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Solusi gigi ompong adalah dengan pemasangan gigi palsu

Solusi Estetis Gigi Ompong Karena Kecelakaan atau Olahraga

Solusi terbaik untuk gigi ompong adalah dengan pemasangan gigi palsu. Beragam pilihan gigi palsu yang tersedia adalah denture, bridge, dan implan gigi.