Gigi goyang belum di cabut tapi sudah tumbuh

C4 Info Penanya: C4, Pria, 1 Tahun
Dok anak saya umur 15 tahun giginya sudah goyang tapi tidak mau di cabut dan sudah tumbuh gigi baru kecil diatas nya apakah klo di cabut bisa tumbuh kembali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, C.

Gigi goyang yang belum tanggal dan sudah terdapat gigi yang tumbuh umumnya adalah keadaan gangguan pertumbuhan gigi permanen. Gigi yang gorang tersebut merupakan gigi susu dan gigi yang tumbuh selanjutnya adalah gigi permanen. Pada dasarnya tanggalnya gigi susu perupakan panduan untuk pertumbuhan gigi permanen. Namun pada keadaan tertentu dimana gigi susu tidak tanggal dengan sempurna karena adanya berbagai faktor seperti infeksi atau karang gigi dan faktor lainnya, maka gigi permanen mengalami pertumbuhan yang juga menjadi terhambat sehingga umumnya mencari jalur sendiri di luar jalur yang seharusnya.

Mengenai pertanyaan Anda tentang pencabutan gigi memang umumnya penanganan yang terbaik saat ini adalah mencabut gigi susu nya, agar pertumbuhan gigi permanen tidak terhambat lagi. Nantinya jika gigi permanen sudah terlanjur tumbuh di luar jalur yang seharusnya, akan dilakukan berbagai upaya agar kembali pada jalurnya seperti pemasanagn kawat gigi. Namun dalam masa pertumbuhan, masih ada kemungkinan untuk gigi tersebut kembali pada jalurnya dalam masa pertumbuhan anak hingga remaja.

Perlu ditekankan sekali lagi yang akan dicabut adalah gigi susu nya atau gigi yang awal belum tergantikan. Karena jika gigi permanen dicabut tidak akan tumbuh kembali atau ada gantinya. Untuk memastikan penanganan yang terbaik untuk anak Anda saat ini ada baik diperiksakan ke dokter Gigi secara langsung. Untuk sementara berikanlah pengertian pada anak Anda agar mengerti bahwa pada keadaan tertentu jika gigi tidak tanggal sendiri dibutuhkan bantuan pencabutan demi pertumbuhan dan kesehatan gigi secara keseluran kedepannya.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baking soda untuk gigi sebenarnya aman, asal digunakan dalam bentuk pasta gigi

Manfaat Baking Soda untuk Gigi dan Cara Aman Menggunakannya

Ada banyak manfaat baking soda untuk gigi. Namun, jangan gunakan baking soda mentah yang masih berbentuk kristal langsung ke mulut karena justru berbahaya bagi gigi Anda.