Gigi goyang bagaimana solusinya?

N Info Penanya: N, Wanita, 37 Tahun
Gigi geraham sy tgl sparo dan ud agak goyang tp msh kuat tiap mau dcabut mlh msh ad infeksi jd skit pdhl ud g prnh buat mkn tp knp msh sakit y... Baiknya dcabut slagi msh sakit ato gmn dok soalnya sakitnya kdg ilang kdg dtg sndr tnpa dbuat mkn
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gigi dapat dicabut kapan saja, bila masih sakit tinggal diberi suntik baal sebelum tindakan. Namun bila ada radang atau infeksi setelah dicabut kuman bisa masuk dan semakin memperberat infeksinya. Kemungkinan itu yang menjadi pertimbangan dokter gigi anda. Yang menjadi pertanyaan kenapa Anda ingin mencabut gigi anda? Apakah sudah rusak sama sekali dan tidak bisa dipertahankan? Anda bisa membaca artikel mengenai proses pencabutan gigi untuk informasi tambahan.

Mengingat pentingnya gigi untuk mengunyah makanan dan secara estetika untuk seorang wanita, sebetulnya belum tentu perlu untuk dicabut. Gigi goyang bisa dibantu dengan pemberian semacam semen untuk memperkuat fondasinya. Gigi berlubang dan infeksi bisa dirawat agar infeksinya hilang dan kemudian ditambal. Bahkan gigi patah bisa dipasang crown/mahkota gigi. Untuk merapikan gigi bisa menggunakan kawat atau veneer. Kecuali Anda tidak keberatan ompong atau menggunakan gigi palsu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berapapun usia Anda, gigi palsu tetap perlu dipasang untuk menggantikan gigi yang telah lepas

Mengenali Jenis-jenis Gigi Palsu dan Perbedaanya

Pemasangan gigi palsu penting dilakukan, untuk menggantikan gigi yang telah lepas. Bukan hanya karena faktor estetis, gigi tiruan juga perlu dipasang agar fungsi pengunyahan rongga mulut, bisa kembali baik.