Apakah gigi geraham yang patah bisa ditambal?

SU Info Penanya: SU, Pria, 16 Tahun
Selamat malam dok saya ingin bertanya apakah gigi geraham bawah yang patah atau pecah dapat di tambal kembali atau di implan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Gigi geraham merupakan gigi yang paling sering berlubang. Alasannya, geraham paling berperan dalam proses mengunyah, sehingga sisa-sisa makanan paling banyak menyelip di sana. Lama-kelamaan, sisa makanan tersebut bercampur dengan air liur dan bakteri mulut, dan membentuk plak. Seiring berjalannya waktu, plak tersebut akan menimbulkan lubang.

Jika lubang tak segera ditambal, pada akhirnya gigi geraham akan semakin keropos, dan tampak seperti patah. Pada kasus ini, harus diperhatikan dulu sebesar apa gigi yang patah, dan seperti apa bentuk gigi yang tersisa. Dengan demikian, baru akan ditentukan apakah bisa ditambal atau harus dicabut.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter gigi untuk pemeriksaan langsung, ya. Jika nantinya diputuskan untuk dicabut, Anda dapat menyampaikan keinginan Anda untuk pemasangan implan gigi.

Lalu, ke depannya, pastikan agar selalu menyikat gigi dengan teratur, agar gigi berlubang tidak terulang kembali. Hindari juga makanan yang terlalu asam dan dingin, karena dapat mengiritasi gigi. Serta, kontrol secara teratur setiap enam bulan ke dokter gigi untuk perawatan dan pembersihan karang gigi, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fluoride dapat mencegah gigi berlubang

Fluoride untuk Kesehatan Gigi: Manfaat dan Kontroversinya

Fluoride dikenal sebagai kandungan yang digunakan dalam kesehatan gigi. Mineral ini dapat membantu menguatkan enamel yang merupakan lapisan paling luar gigi.